TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hadirkan Disiplin Yang Tangguh Melalui Outbound

By 08 Apr 2018 14:22Kodam IV/Diponegoro
IMG-20180408-WA0007

TNI AD – Yogyakarta. Satgas TMMD Ke-101 Kodim 0734/Yogyakarta memberikan pelatihan Outbound kepada siswa-siswi SD Muhasemadiyah Sapen Gambiran, Yogyakarta, Jumat (6/4/2018).

Pelatihan ini maksudkan untuk membangun karakter bangsa yang tangguh, khususnya dalam membentuk kemandirian anak untuk saling bekerjasama dan bergotong-royong.

Kapten Arm Paeco Wadan Ramil 06/ Mergangsan selaku koordinator Outbound Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta mengatakan, kegiatan ini membentuk generasi yang memiliki kepekaan sosial, kebersamaan dan setia kawan. Dimana selama kegiatan anak-anak diajak bermain dengan materi-materi permainan tim.

“Kami tanamkan kerja sama antar personal dan kelompok, sehingga mereka mengerti makna persatuan dan kesatuan. Intinya mereka bisa diajak untuk merasakan semangat bergotong-royong, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan Outbound tersebut, anak-anak jiwanya bisa tertanam semangat kebersamaan dan setia kawan yang menjadi dasar dari semangat bela negara dan cinta tanah air.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhamadiyah Sapen, Agung Barmanto, S.Pd., menyampaikan, terima kasih terhadap Satgas TMMD dan satuan Kodim 0734/Yogyakarta. “Semoga kegiatan TMMD ini bisa menyatukan TNI dengan Rakyat khususnya siswa siswi SD Sapen,” harapnya.

Menurut Agung, biasanya siswa belajar dengan Bapak/Ibu Guru di kelas, sekarang sudah komplit, sudah belajar sama Bapak TNI.

Sementara itu Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudy Firmansyah, S.E. M.M., menyampaikan, kegiatan Outbound ini bertujuan melatih para siswa-siswi untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap profesional para pelajar yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan karakter, komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik.

“Konsep belajar sambil bermain menjadikan seseorang akan lebih dapat menerima pelajaran yakni untuk membangun karakter yang tangguh, berbudi pekerti luhur, bertangung jawab, berdisiplin dan mandiri,”tegasnya.

“Disamping itu, kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa sosial terhadap sesama teman, menumbuhkan sikap kepemimipinan (leadership), saling menghormati, melatih aktivitas fisik (psikomotorik),”ucap Letkol Inf Rudy Firmansyah.

Dandim mengharapkan, setelah mengikuti Outbound para siswa-siswi akan menjadi lebih komunikatif, lebih berani, lebih kreatif, berdisiplin dan mandiri dalam berfikir, bersikap dan bertindak. (Pendam IV/Dip)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya Kodam XIV Hassanudin Kodam XVI/Patimura Kodam IV/Diponegoro Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hadirkan Disiplin Yang Tangguh Melalui Outbound