TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kampung Hijau Tentara, Bukti Kecintaan Masyarakat Banjarmasin Kepada TNI

By 27 Apr 2018 14:09Berita Satuan
30572211_365491010623503_2310086552866258944_o

Permukiman warga di Komplek Kayu Bulan, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan, punya pemandangan yang menyegarkan dan unik di pandang mata. Lingkungan tersebut memiliki lukisan tiga dimensi berwarna-warni di jalan dan dinding bandungan.

Warga di Komplek Kayu Bulan Blok B1 RT/61 Kelurahan Sungai Andai ini, bukan semua anggota TNI, akan tetapi warga mempersolek lingkungannya karena simpati dengan TNI.

Lukisan di kampung ini digagas oleh Agus Cahyo dan dikerjakan oleh seniman mural Andi Nurcahyono. Gambar tiga dimensi di kampung ini bertema alam dan beragam hal tentang TNI. Kreativitas seperti ini diwujudkan Agus, sebagai simbol hubungan baik antara TNI dan masyarakat serta mampu mendorong pariwisata di Banjarmasin.

Bukan hanya cat tembok saja, tong sampah pun dilukis dan dicat warna hijau yang identik dengan warna Tentara. Warga di kampung tersebut pun menamakannya Kampung Hijau Tentara. Munculnya ide untuk menamakan Kampung Hijau Tentara itu tidak lain karena rasa simpati masyarakat kepada TNI.

kampung-hijau-tentara-di-sungai-andai-kota-banjarmasin_20180318_100550

Agus Cahyo mengatakan, selama ini TNI dekat dengan masyarakat dan selalu mengayomi masyarakat. “Kita ingin melukiskan semua yang berkaitan dengan TNI di kampung ini, karena sosok TNI menjadi pemersatu sekaligus pelopor kegiatan gotong-royong dalam kehidupan masyarakat,”ujarnya.

Meski tidak banyak anggota TNI yang tinggal di kampung tersebut, namun 20 Kepala Keluarga sepakat rumahnya dicat ala tentara.”Yang penting latar belakangnya hijau tentara,”kata pria yang juga owner CV Variasi di Banua Anyar tersebut.

Yang membuat makin menarik, setiap rumah yang dicat dikerjakan secara gotong-royong antara anggota TNI dan masyarakat. “Kita sangat bersyukur, kegiatan ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Koramil Banjarmasin Utara dan sumbangan warga serta dari produsen cat merk Jotun,” ucap Agus.

Bukan hanya itu, untuk menambah kenyamanan juga akan dibuat areal bermain bagi anak anak dan tempat foto anak anak dengan gaya army look.

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kampung Hijau Tentara, Bukti Kecintaan Masyarakat Banjarmasin Kepada TNI