TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kehadiran TMMD Gelorakan Semangat Gotong-Royong

By 28 Apr 2018 13:26Kodam VI/Mulawarman
2a__1_

TNI AD-Tana Paser. Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kodim 0904/Tanah Grogot (TNG) di Desa Suliliran Baru, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, mampu menggelorakan semangat gotong royong warga desa.

Pada pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tampak warga silih berganti datang dan membantu personel TNI yang bekerja di lokasi kegiatan TMMD tersebut.

Dandim 0904/TNGLetkol Arh. Ardian Patria Chandra mengatakan, TMMD merupakan program TNI yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim dengan sasaran langsung menyentuh pembangunan masyarakat pedesaan.

Sementara itu, Koordinator Umum TMMD ke-101 Kodim 0904/TNG Kapten Inf Sagiyon menyampaikan, kegiatan TMMD terbagi menjadi 2 kegiatan, yaitu fisik dan non fisik.

“Untuk kegiatan fisik yang saat ini kami kerjakan pembuatan badan jalan dengan progress sudah mencapai 1.350 meter dari 4.000 meter yang direncanakan, pembuatan rumah layak huni semi permanen sudah mencapai progres 60 persen, pembuatan jembatan sudah diselesaikan 1 unit dari 3 unit yang direncanakan, pemasangan gorong-gorong sudah mencapai 50% dan pembangunan 3 unit Pos Kamling sudah mencapai progres 60 persen,” jelasnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat untuk bergotong-royong semakin meningkat berkat kehadiran program TMMD. Setiap hari ada peningkatan jumlah warga yang ikut membantu. “Tadi waktu saya patroli di lokasi pembangunan salah satu Pos Kamling ada sekitar 5 orang yang datang membantu, di lokasi yang lain juga ada warga yang datang,” ujarnya.

Adapun kegiatan non fisik yang dilakukan berupa sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI dan penyuluhan narkoba dengan peserta mencapai 90 siswa,” tegas Kapten Inf Sagiyon.

Di tempat yang sama, Ketua RT/20, Khoiruddin mengaku senang dengan program TMMD ke-101 kodim 0904/TNG. “Warga sudah lama ingin membuat Pos Kamling, tetapi terkendala anggaran. Berkat TMMD semua masalah dapat diatasi dan pembuatan Pos Kamling pun dapat terwujud,” ungkapnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kehadiran TMMD Gelorakan Semangat Gotong-Royong