TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Membantu Pemerintah Dalam Pemerataan Pembangunan dan Kesejahteraan rakyat

By 28 Apr 2018 12:41Berita Satuan
3a__1_

TNI AD – Winong. Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-101 di Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, membawa perubahan yang sangat besar terhadap pandangan dan pola pikir masyarakat.

Masyarakat mulai menyadari bahwasanya manusia memang diciptakan Tuhan YME sebagai makluk sosial, mahluk yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Hal itu terlihat dari antusias semua golongan baik laki-laki, perempuan, tua, muda dan anak-anak begitu guyub dan bergotong royong bekerja bersama dengan Satgas TMMD ke-101 dalam hal pembangunan fisik maupun non fisik di desanya.

Dihari yang sudah ditentukan, masyarakat rela meninggalkan rutinitas pekerjaan harian demi kebersamaan dalam bergotong-royong bersama anggota Satgas. Sistem gotong-royong dilaksanakan secara bergilir tiap warga secara bergantian sesuai jadwal dari Kepala Desa.

Betonisasi jalan sepanjang 1,7 km, renovasi 7 (tujuh) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jambanisasi 20 unit dan pembuatan 2 (dua) unit Poskamling merupakan sasaran fisik TMMD yang harus menjadi tanggung jawab Satgas TMMD beserta masyarakat.

Bantuan dan sumbangsih warga sangat meringankan tugas yang diemban Satgas TMMD.

“Kita yang notabenenya merupakan warga negara Indonesia hendaknya terus menjaga dan melestarikan tradisi yang merupakan warisan dari nenek moyang kita terdahulu,”ujar Dandim Pati Letkol Arm Arief Darmawan di sela kegiatan gotong-royong.

Di tempat yang sama, Suwondo Kepala Desa Godo mengatakan, semenjak ada TMMD ini warga menjadi perduli dengan kesusahan yang dirasakan oleh warga lainnya.

“Mereka dengan ikhlas membantu pembangunan RTLH demi kenyamanan tinggal tetangganya yang selama ini tidak pernah mereka lakukan,” ujarnya.

Gotong royong sendiri merupakan ciri budaya masyarakat Indonesia yang mengandung nilai positif dan sangat cocok untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

TMMD reguler ke-101 merupakan perwujudan bakti TNI kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah Kabupaten Pati. Melalui kerja bersama antara masyarakat dan TNI diharapkan hasilnya dapat bermanfaat untuk kemajuan perekonomian dan kesejahteraan di semua lini kehidupan masyarakat Desa Godo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Membantu Pemerintah Dalam Pemerataan Pembangunan dan Kesejahteraan rakyat