TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Gelar Penghijauan di Lereng Gunung Marapi

By 03 Apr 2018 10:28Kodam IV/Diponegoro
bra8

TNI AD – Sleman. Kodim 0732/Sleman bekerjasama dengan Muspika Kecamatan Cangkringan menggelar karya bakti penghijauan di Bungker Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Minggu (1/4/2018).

Dalam sambutannya Camat Cangkringan Mustadi, S.Sos, MM., menyampaikan, kegiatan penghijauan yang diselenggarakan oleh Kodim Sleman tersebut sangat bermanfaat bagi semua masyarakat Cangkringan.

Mustadi mengungkapkan bahwa pada tahun 2010 di tempat ini telah terjadi erupsi yang sangat hebat yang berdampak pada kerusakan, namun atas kepedulian dari semua pihak termasuk masyarakat akhirnya tempat ini menjadi hijau kembali, sehingga kita semua wajib menjaganya kembali.

“Mudah-mudahan kawasan Cangkringan tetap ijo royo-royo. Oleh karena itu konservasi lahan di Cangkringan harus kita pertahankan, sehingga air yang dikonsumsi masyarakat Yogyakarta tetap baik,” ungkpanya.

Sementara itu, Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro mengharapkan adanya kegiatan ini bermanfaat bagi bersama. “Penghijauan harus terus digalakkan untuk kelestarian lingkungan, kami mengajak masyarakat untuk menanam atau mengembalikan apa yang telah kita ambil,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan jangka panjang, dimana ke depan pihaknya akan melaksanakan penanaman pohon-pohon buah yang dapat masyarakat nikmati langsung hasilnya. “Tempat ini merupakan tempat wisata, alangkah indahnya apabila masyarakat yang datang kesini dapat langsung memetik buah-buahan yang telah kita tanam dan tentunya akan membuat wisatawan menjadi terkesan,” ujarnya.

“Dengan adanya penataan penghijauan yang bagus disertai pohon-pohon buah, kami yakin tempat ini menjadi bagus serta luar biasa dan Sleman akan memiliki tempat wisata yang cukup populer di mata masyarakat dengan perwujudan Sleman Sembada,” tambah Letkol Inf Diantoro.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Hj. Sri Musliatun memberi apresiasi kepada jajaran Kodim 0732/Slm yang telah melaksanakan kegiatan penghijauan di lereng Merapi ini. “Kopi Merapi ternyata sudah terkenal sejak dahulu, oleh karena itu kami mendorong masyarakat untuk gemar menanam kopi di wilayahnya ini agar kedepan dapat membantu menyuplai kopi di pabrik-pabrik kopi Merapi,”ucapnya.

Dijelaskan Wakil Bupati, sebelum kegiatan tersebut, pihaknya telah mendapat perintah dari Pak Bupati untuk melaksanakan penghijauan di wilayah Cangkringan untuk menanam kopi sebanyak 25.000 pohon kopi. “Kegiatan ini merupakan yang kedua, selanjutnya penanaman pohon yang terdiri dari bambu 1000 bibit, Sengon 500 bibit, Mahoni, Kopi Merapi dan Kemenyan 500 bibit,”tuturnya.

“Kami mengharapkan Bapak Camat dan warga untuk membantu merawat tanaman yang baru saja kita tanam agar Sleman menjadi bersih dan sejuk,”pesan Wakil Bupati.

Hadir dalam kegiatan ini Heru Saptono (Kadin Pertanian), Kadin lingkungan hidup, Camat Cangkringan, Komunitas Cokro, Komunitas Palem, FKPPI, Kelompok Tani Hutan Sidomaju Kepuharjo, Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0732/Sleman. (Pendam IV/Dip).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Gelar Penghijauan di Lereng Gunung Marapi