TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI-Kejagung RI Kerja Sama Peningkatan SDM dan Kinerja

By 11 Apr 2018 12:14Puspen TNI
6a__1_

TNI AD-Jakarta. Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) menandatangani Nota Kesepahaman tentang kerja sama dalam peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan profesionalisme di bidang penegakan hukum. Nota Kesepahaman ini bentuk kerja sama dalam peningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan, latihan, pengamanan, intelijen, penegakan hukum dan penugasan personel dalam bidang penegakan hukum.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Jaksa Agung RI H. M. Prasetyo, di Gedung Sasana Pradana 1 Kejaksaaan Agung RI, Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama antara TNI dan Kejaksaan Agung dalam penempatan sumber daya manusia dipandang perlu untuk melakukan pendidikan, pelatihan dan pemanfaatan fasilitas serta sosialisasi dalam rangka optimalisasi di dalam penegakan hukum.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk menjadikan pedoman dan payung hukum dalam kesepahaman dan kerja sama TNI dengan Kejaksaan Agung dalam melaksanakan kegiatannya,” ujarnya.

Lebih lanjut ditegaskan, TNI sebagai alat pertahanan negara berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata baik dari dalam maupun luar negeri karena TNI bertugas sebagai penindak dalam setiap bentuk ancaman.

Menurut Panglima TNI, Nota Kesepahaman ini sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Tentunya atas kepercayaan ini, TNI akan menyiapkan personel-personel terbaiknya, yang memiliki dedikasi, loyalitas, profesional dan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diembankan dengan berpedoman kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima berharap, melalui kerja sama antara TNI dan Kejagung RI akan memberikan arti positif dalam menciptakan dan meningkatkan hubungan kelembagaan yang positif dan bersinergi guna mendukung kepentingan nasional.“Melalui Nota Kesepahaman ini, kita mengharapkan dapat meningkatkan kualitas pengabdian TNI dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia pada bangsa dan negara tercinta,”pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Jaksa Agung RI H. M. Prasetyo menyampaikan bahwa Nota Kesepahaman merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi positif TNI untuk hadir dan memperkuat Kejaksaan dalam penegakan hukum.

“Saya ucapkan selamat atas terbangunnya hubungan kerja sama sinergis ini untuk mewujudkan Indonesia lebih baik, aman, tenteram dan berkeadilan,”tuturnya. (Puspen TNI)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI-Kejagung RI Kerja Sama Peningkatan SDM dan Kinerja