TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Award Penajaman Peran Apkowil di Wilayah

By 16 May 2018 18:18Kodam III/Siliwangi
IMG-20180516-WA0030

TNI AD-Bogor. Bintara Bembina Desa (Babinsa) merupakan aparat terdepan teritorial TNI AD dari mata rantai Pembinaan Teritorial yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Babinsa merupakan prajurit TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional, melaksanakan tugas membina, membimbing dan mendukung percepatan pembangunan di desa.

Babinsa juga menjadi barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian yang dialami masyarakat. Sebagai contoh saat ada banjir, gempa bumi, kecelakaan, bencana penyakit dan kejadian apapun di tengah masyarakat, Babinsa selalu berada di tengah masyarakat baik sebagai Pembina Desa maupun sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya, Babinsa juga selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat terkait di desa dan kelurahan juga tokoh Masyarakat, Agama dan Tokoh Pemuda serta elemen bangsa lain dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tugas yang diembannya.

Hal itu disampaikan Danrem 061 /Suryakancana Kolonel Inf Mohamad Hasan ketika memberikan sambutan dalam acara Babinsa award Korem 061/Suryakancana Tahun 2018, bertempat di Mess Korem 061/Suryakancana, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/5/2018).

Lebih Lanjut disampaikan, maksud dilaksanakan kegiatan penghargaan Babinsa Award 2018 adalah memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja Babinsa, karena selama ini, Babinsa menjadi ujung tombak teritorial di Korem 061/Suryakancana, dalam bentuk Babinsa Award 2018.

“Babinsa Award merupakan suatu kegiatan untuk mengapresiasi kinerja Babinsa yang selama ini menjadi ujung tombak kegiatan pemulihan teritorial di wilayah Korem 061/SK yang dikemas dalam bentuk kegiatan lomba foto dan video yang diikuti oleh masyarakat umum, pelajar dan wartawan,” ujar Danrem 061/Sk Kol Inf M. Hasan.

Selain memberikan apresiasi kepada Babinsa, pada kesempatan itu juga Danrem memilih jajaran Kepolisian melalui Babinkamtibmas terbaik sebagai mitra Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di desa.

“Babinsa sesuai dalam undang-undang, tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan, yaitu memberdayakan seluruh wilayah yang ada di Indonesia, untuk bagaimana berfungsi sebagai alat kesejahteraan dan pertahanan serta aplikasi sampai ke bawah itu Babinsa yang mengerjakan,” tuturnya.

“Bentuk apresiasi yang dikemas seperti itu supaya dalam menjalankan tugasnya, Babinsa lebih fleksible dan tidak terlalu kaku. “Kegiatan ini cuma gagasan saya, dari ide yang dikembangkan sekitar 3 bulan yang lalu sehingga munculah Babinsa Award ini,” tandas Danrem.

Adapun pemenang Lomba Foto dan Video Babinsa award 2018 lomba foto Kategori wartawan, juara 1 diraih Arif firmansyah-Antara Foto, juara 2 Hendi Novian-Bogor In dan juara 3 Rangga Firmansyah-Harian Metro.

Untuk pemenang lomba Foto Kategori Umum, juara 1 diraih Rahmat Hidayat, juara 2 Iman Surya Afandi dan juara 3 Erwin Kurniawan.

Sedangkan untuk juara lomba video Babinsa Award kategori umum, juara 1 Purnawan, juara 2 Heru Yustanto dan juara 3 Febriyana Suryadi.

Kemudian, untuk Babinsa Berprestasi di wilayah Korem 061/Suryakancana tahun 2018, juara 1 Serda Slamet Babinsa Koramil 2202/Pelabuhan Ratu Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, juara 2 Pelda Ganda Babinsa Koramil 0806/Karang Tengah Kodim 0608/Cianjur dan juara 3 Serda Chusna Babinsa Koramil 2122/Rumpin Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

Pada acara ini juga, Danrem 061/Sk memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas terbaik, yaitu Aiptu Fery Guardian, S.Sos, Polresta Bogor dan Brigadir Buana Adi Putra, S.H, Polres Bogor.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Wakapolresta Bogor, Ketua IMO, Kasrem 061/Sk, Dandim 0606/Kota Bogor, Tokoh Masyarakat, Budayawan, Wartawan, perwakilan Danramil serta Babinsa di wilayah Korem 061/Sk. (Penrem 061/Sk)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Award Penajaman Peran Apkowil di Wilayah