TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bulan Ramadhan Di Perbatasan, Satgas 323 Kostrad Terapkan S3B

By 26 May 2018 15:16Kostrad
WhatsApp_Image_2018-05-26_at_00.45.38

TNI AD-Menurut data kependudukan Distrik Jair, Kampung Asiki adalah suatu kampung yang penduduknya majemuk. Hampir sebanding, jumlah masyarakat asli Kampung Asiki dan pendatang dari berbagai macam daerah di Nusantara, sehingga pemeluk agama di wilayah ini pun beragam. Mereka hidup berdampingan dengan damai antar umat beragama.

Memasuki pekan pertama bulan suci Ramadhan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Yonif Raider 323/BP Kostrad, melaksanakan berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat. Bulan dimana seluruh umat Islam yang ada di perbatasan melaksanakan ibadah puasa, dimanfaatkan oleh prajurit ‘Buaya Putih’ ini untuk bisa lebih dekat berinteraksi dengan masyarakat.

Program kegiatan yang dilaksanakan pada Bulan Ramadhan kali ini yaitu bertajuk S3B (Senyum, Salam, Sapa, dan Berbagi).

“Motto kegiatan S3B ini berawal dari semboyan satuan jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad, yang juga bertajukkan S3B (Setiap Saat Siap Bergerak). Namun dihadapkan dengan tugas pengamanan perbatasan yang juga berperan aktif dalam pembinaan teritorial, motto Senyum, Salam, Sapa, Berbagi dirasa cocok untuk mewakili tujuan dari kegiatan bersama masyarakat,” jelas Dansatgas Pamtas dari Raider 323 Kostrad ini, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si (Han).

Program S3B ini diantaranya meliputi kegiatan berbagi takjil gratis kepada masyarakat sekitar Asiki. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anggota Pos Kotis Satgas 323 Kostrad, yang berlokasi di wilayah Prabu Kampung Asiki Distrik Jair Bovendigoel.

Selain itu, kegiatan yang menjadi bagian dari S3B yaitu menyapa dan bersilaturahmi kepada masyarakat umat muslim, dilaksanakan dengan kegiatan buka puasa bersama, shalat tarawih berjamaah keliling ke setiap masjid, dan kegiatan karya bakti di sekitar lingkungan masjid yang ada di wilayah Asiki.

Selain itu, juga pembagian takjil gratis kepada setiap pengendara yang melintas di Jalan Gerbang Kemakmuran Asiki, yang digelar pada Senin 21 Mei 2018 lalu di depan halaman Gereja Ora Et Labora Asiki. Lokasi ini sengaja dipilih oleh pihak Satgas untuk menunjukan bentuk toleransi dan saling menghargai diantara umat beragama yang ada di Papua.

Ahmad Solihin salah seorang yang melintas menuturkan rasa bangganya kepada Satgas 323 Kostrad yang memiliki ide berupa kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat.

“Saya bangga melihat sepak terjang tentara ini. Selain bertujuan untuk menunjukkan kepedulian dengan cara berbagi, kegiatan ini juga menegaskan kembali pentingnya rasa toleransi antar umat yang kian menipis belakangan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini akan terus berlangsung secara rutin di seluruh Pos Pamtas Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad selama Bulan Ramadhan 1439 H.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bulan Ramadhan Di Perbatasan, Satgas 323 Kostrad Terapkan S3B