TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0824: Jambanisasi, Program Peduli TNI AD Terhadap Kesehatan Masyarakat

By 06 May 2018 16:22Kodam V/Brawijaya
IMG-20180506-WA0001

TNI AD – Jember. Kekuatan Pertahanan Suatu Negara berangkat dari ketahanan keluarga, hal inilah yang menggugah TNI AD melalui Kodim 0824 untuk peduli terhadap kesehatan keluarga dan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan pengamatan, di Kabupaten Jember ini masih banyak keluarga yang belum memiliki jamban.

Dari jumlah tersebut kebanyakan keluarga yang tidak memiliki jamban adalah keluarga yang tinggal di hilir-hilir sungai baik di kawasan pedesaan maupun perkotaan.

Kebiasaan buang hajat di sungai/kali tersebut sudah berjalan secara turun-temurun.
Kondisi tersebutlah yang mendasari dilakukannya program jambanisasi melalui Karya Bakti TNI, dengan sasaran keluarga pra sejahtera dan dilakukan pada setiap semester.

Pada awalnya dilakukan sosialisasi dahulu bersama petugas kesehatan dari Pukesmas atau Bidan Desa untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat kepada masyarakat termasuk pentingnya jamban dalam keluarga.

Program pembuatan jamban melalui Karya Bakti TNI tersebut pada Semester-I tahun 2018 ini Kodim 0824 Jember menargetkan pengerjaan 310 unit jamban tersebar di seluruh jajaran yaitu 31 Kecamatan dan 248 desa/keluarahan.

Dari target tersebut yang sudah dikerjakan sekitar 200 unit dan yang 110 unit masih dalam proses dan akan dikerjakan.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa sesuai UU No 34 Tahun 2004 Tentang Tugas Pokok TNI pada pasal 7 dalam melaksanakan Operasi Selain Perang (OMSP) dijabarkan bahwa salah satunya membantu Pemerintah Daerah.

“Program tersebut merupakan wujud implementasi dari tugas sekaligus sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat,”ujarnya.

“Secara fisik pembuatan jamban yang kita bantu tersebut secara teknis sudah memenuhi unsur kesehatan, namun karena keterbatasan kami sehingga dan merupakan program pancingan, sehingga kita yang membuatkan fisik jambannya dan masyarakat yang menyelesaikan dinding kelilingnya,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dengan membiasakan hidup bersih dan sehat serta membuang sampah pada tempatnya. “Jika masyarakat sehat tentunya pertahanan negara akan semakin mantap,”tuturnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0824: Jambanisasi, Program Peduli TNI AD Terhadap Kesehatan Masyarakat