TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peduli Dehumusisasi, Babinsa Gantiwarno Bantu Pengolahan Tanah Masyarakat Desa Kerten

By 08 May 2018 11:17Kodam IV/Diponegoro
bra1

TNI AD – Klaten. Babinsa Kerten Koramil 10/Gantiwarno Serka Sutarmin melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas kurang lebih 0,5 hektar dalam rangka percepatan tanam berikutnya.

Aksi bajak sawah dengan traktor itu dilakukan di lahan sawah milik Bapak Suratman, yang terletak di Desa Kerten, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Senin (7/5/2018).

Lebih lanjut disampaikan, setelah dilakukan pembajakan dengan alat traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, yang selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,”ujarnya.

Serka Sutarmin menambahkan, dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan meningkatnya hasil panen.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan, maka masyarakat akan menjadi tenang, khususnya masyarakat Kecamatan Gantiwarno,”sebutnya. (Pendam 4)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam IV/Diponegoro Kostrad Pengumuman
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peduli Dehumusisasi, Babinsa Gantiwarno Bantu Pengolahan Tanah Masyarakat Desa Kerten