TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Semangat ‘Pela Gandong’ Diperkuat Toleransi yang Tinggi, Membuat Maluku Lebih Baik.

By 23 May 2018 Kodam XVI/Patimura
3a

TNI AD – Ambon.  Dalam rangkaian Safari Ramadan 1439 Hijriah di Maluku, Senin (21/5/2018), Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono melakukan buka puasa bersama seluruh jajaran TNI-Polri dan anak Yatim Piatu yang ada di wilayah Maluku, bertempat di lapangan tenis indoor Tapal Kuda, Air Salobar, Ambon.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan, Safari Ramadan 1439 Hijriah merupakan bagian dari program TNI untuk melaksanakan pembinaan mental kerohanian prajurit dan keluarganya, guna membangun suasana kebersamaan, saling mencintai, dan saling mengasihi antar sesama prajurit, dalam rangka membentuk TNI AD yang solid, kuat, tangguh, dan memiliki moralitas tinggi, sebagai pilar persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya sangat bangga dengan sinergitas TNI-Polri di wilayah Bumi Pattimura, dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah masyarakat yang beraneka ragam. Semangat ‘Pela Gandong’ yang diperkuat dengan rasa toleransi yang tinggi, membuat Maluku menjadi lebih baik,” ujar Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Pada kesempatan itu, Kasad mengapresiasi adanya program emas hijau, emas biru, dan emas putih, juga kegiatan revitalisasi pantai Teluk Ambon dan pantai Ternate, serta gerakan menanam pohon untuk menyelamatkan sumber mata air di wilayah Maluku. Berbagai kegiatan tersebut merupakan bentuk terobosan kreatif yang sangat baik dalam rangka mengembalikan keamanan di wilayah Maluku, melalui pendekatan kesejahteraan.

3b

Kasad Jenderal TNI Mulyono juga mengingatkan untuk terus menjaga sinergitas dan soliditas TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat Maluku, sekaligus menjaga Tri Kerukunan Hidup Beragama yang dicanangkan pemerintah di tanah Maluku, khususnya di Kota Ambon.

Acara buka puasa diisi dengan tausyiah Dr. Hasbullah Toisutta, M. Ag, Rektor IAIN Ambon, yang menjelaskan tentang Ramadan sebagai momentum untuk instropeksi diri. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Sholat Magrib dan Sholat Taraweh berjamaah.

Pada akhir kegiatan dilanjutkan dengan penyerahkan bingkisan dan santunan secara simbolis kepada 500 orang anak yatim piatu dan Wakawuri, yang diberikan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Nyonya Sita Mulyono.

Adapun kegiatan hari kedua di Maluku, Kasad akan melaksanakan kunjungan kerja ke Batalyon Infanteri 731/Kabaresi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Semangat 'Pela Gandong' Diperkuat Toleransi yang Tinggi, Membuat Maluku Lebih Baik.