TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Bantu Warga Tangani Kebakaran Di Pacitan

By 12 Jun 2018 Berita Satuan
WhatsApp Image 2018-06-12 at 1.31.57 PM

TNI AD – Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Serda Rahman, berjibaku memadamkan api yang melahap rumah seorang warga RT.01/RW.06, Dusun Krajan, Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur, Senin (11/6/2018).

Tidak sendiri, ia bersama Bhabinkamtibmas Tanjung Sari dengan cepat mendatangi TKP, lalu bahu-membahu bersama warga dan Tim Damkar menangani kebakaran rumah tersebut, agar api dapat segera dipadamkan dan tidak merambat ke rumah-rumah warga lainnya.

Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Inf Arif W J mengatakan, terbakarnya rumah milik warga bernama Kadirin yang berprofesi sebagai pemanjat kelapa itu diduga lantaran hubungan arus pendek (korsleting) dari jaringan listrik PLN.

“Sebelum terbakar, istri Kadirin dikabarkan tengah mencolokkan kabel televisi ke stop kontak. Dari situlah kemungkinan awal terjadinya korsleting, hingga akhirnya mengakibatkan kebakaran,” kata Danramil Pacitan.

Dirinya menuturkan, beruntung api bisa segera dijinakkan setelah regu pemadam kebakaran tiba di lokasi, beberapa menit setelah ada informasi kebakaran di permukiman penduduk.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. Namun istri pemilik rumah harus dilarikan ke UGD lantaran pingsan, mungkin shock karena tempat tinggalnya terbakar, apalagi saat menjelang lebaran,” jelas Kapten Arif.

Untuk itu, ia menghimbau kepada warga agar selalu berhati-hati, terutama di musim kemarau seperti saat ini, karena rawan terjadi kebakaran.

“Gunakan listrik seefesien mungkin, karena dengan pemakaian listik yang berlebihan bisa menyebabkan kabel listrik mudah terbakar,” jelasnya.

Sementara itu, Babinsa Serda Rahman menyatakan bahwa inisiatif yang dilakukannya semata-mata karena kewajiban sebagai sesama umat manusia untuk saling tolong menolong.

“Pada saat itu, yang terpikir pertama kali adalah menyelamatkan jiwa dari korban kebakaran. Setelah itu, bersama-sama warga mencegah supaya api tidak meluas,” tuturnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Bantu Warga Tangani Kebakaran Di Pacitan