Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Dandim Sumbawa Barat: Pertahankan Pancasila dengan Wasbang demi Keutuhan NKRI

Dibaca: 39 Oleh 24 Jun 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

SUMBAWA BARAT, tniad.mil.id – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Eddy Oswaronto memberikan ceramah wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan siswa-siswi MTs Negeri 1 Taliwang, di Aula MTs Negeri 1 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (23/6/2018).

Kehadiran Dandim 1628/Sumbawa barat didampingi Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 1628-02/Sekongkang dan Perwira Seksi Teritorial Kodim (Pasiterdim) disambut Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Taliwang Jalaludin, S.Ag dan para guru disana.

Dalam ceramahnya, Dandim menjelaskan tentang empat konsensus dasar negara yang dulunya disebut empat pilar kebangsaan, sebagai landasan dalam membangun bangsa dan negara, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Sebagai warga negara, semua memiliki hak dan kewajiban untuk membela negara sesuai dengan Pasal 30 UUD 1945, yang kemudian diatur kembali dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara,” paparnya.

Selain itu, Dandim Sumbawa Barat ini juga menyampaikan tentang beberapa ancaman yang sedang dihadapi bangsa, diantaranya Narkoba, paham Ideologi lain yang tidak sesuai dengan Pancasila, dan pengaruh negatif lainnya yang setiap saat mengancam bangsa dan negara.

Baca juga:  Korem 081/DSJ Latihan Permildas pada Minggu Militer

Usai memberikan ceramah, Dandim Letkol Eddy berharap agar para siswa betul-betul memanfaatkan waktu untuk belajar, sehingga ke depan dapat menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Pada kesempatan tersebut, Kepala sekolah MTs Negeri 1 Taliwang Jalaludin mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dandim beserta staf di sekolahannya, sekaligus ceramah kepada siswanya tentang wawasan kebangsaan.

“Semoga apa yang telah disampaikan bapak Dandim dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi kami di sekolah, sehingga dapat menambah semangat dan kemauan untuk terus belajar dan belajar, agar cita-cita mereka dapat tercapai, minimal menjadi anak-anak yang religius dan berakhlak terpuji,” ujarnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel