TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Yonif 315/Garuda Buka Pesantren Kilat di Perbatasan Papua

By 05 Jun 2018 23:20Berita Satuan
bra5

TNI AD – Pesantren kilat adalah pesantren yang diadakan dalam waktu singkat dan merupakan suatu kegiatan yang sangat positif dalam rangka membentuk karakter islami pada anak-anak usia dini. Melalui kegiatan pesantren kilat itu pula, dapat dutumbuhkan dan dibina ‘akhlakul karimah’, diantaranya tentang perilaku anak kepada orang tuanya, yang tidak terpapar pengaruh negatig dari globalisasi kehidupan dunia.

Mencermati hal itu, Yonif 315/Garuda yang saat ini melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas), yang memiliki tanggung jawab moral terhadap masa depan generasi muda bangsa, terdorong untuk turut berperan, dengan memberikan tambahan ilmu pengetahuan keagamaan kepada anak-anak muslim yang berdomisili di wilayah perbatasan Papua. Pada bulan Ramadhan 1439 H ini mereka membuat kegiatan berupa ‘Pesantren Kilat’, yang dilangsungkan di kampung binaan Pos Bokem, Distrik Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Danpos Bokem Satgas Yonif 315/Garuda Lettu Inf Yudha Hanggara, pada hari Kamis (31/5/2018) ini menggelar lomba adzan, hafalan surat-surat pendek dari Al Quran, hafalan rukun iman, dan rukun Islam, dengan juri lomba dari prajurit Yonif 315/Garuda. Kegiatan tersebut disambut dengan sangat antusias oleh anak-anak dan orang tua mereka.

Danpos Bokem mengatakan, selain memperkenalkan ibadah keagamaan kepada anak-anak usia dini, sekaligus menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat dalam memberikan pendidikan agama islam sejak dini untuk membentengi akhlak dan moral anak.

“Lebih dari itu, kegiatan seperti ini juga bisa menjadi ajang silahturahmi untuk menjalin kedekatan, kebersamaan, dan rasa kekeluargaan antara prajurit yang bertugas di Satgas Pamtas dan warga masyarakat di sekitar tempat tugas atau posnya,” jelasnya.

Selaku pengurus Mushola Al-Hidayah, Sujianto, sangat menghargai dan berterima kasih kepada para prajurut Satgas atas penyelenggaraan kegiatan keagamaan untuk warganya tersebut.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Pamtas Yonif 315/Garuda yang telah mengadakan kegiatan pesantren kilat bagi anak-anak kami, karena selama ini tidak pernah ada kegiatan semulia ini di kampung kami,” ujarnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Yonif 315/Garuda Buka Pesantren Kilat di Perbatasan Papua