TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Screnlider Membantu Tuna Netra Dalam Banyak Hal

By 08 Jun 2018 08:45Jurnalis Tunanetra, Artikel
WhatsApp Image 2018-06-08 at 8.47.59 PM

Bismilah, selamat hari ini dear pembaca semua. Pada kali ini saya akan sedikit berbagi tentang distabilitas netra berintraksi, bekerja dan membaca di sosmed dan sebagainya.

Tuna netra

Seseorang yang memiliki keterbatasan melihat. Penyebabnya ada yang dari lahir, biasanya karena virus dari kucing atau anjing. Ada juga disebabkan demam tinggi. Hanya berdasarkan pengalaman penulis sebagian besar mereka yang mengalami kebutaan disebabkan demam tinggi sehingga syaraf mata mengalami disfungsi.

Selebihnya ada yang karena gula darah tinggi dan minuman keras. Meski begitu apapun penyebabnya bagi penulis Allah yang punya kehendak, dan Allahlah yang tahu yang terbaik bagi hambanya.

Mungkin bagi yang mengalami jika itu sudah dewasa pasti akan mengalami stres dan terpuruk sepanjang waktu.

Ya jika dear semua mau membayangkan penulis kasih contoh seperti ini, Cobalah matikan lampu di ruangan Anda lalu pejamkan mata dan berjalanlah mengililingi ruangan dimana Anda berada.

Ya seperti itulah yang mereka alami. Gelap, siang dan malam hanya suara yang dapat mereka dapat tangkap hanya meraba dan mendengar yang mereka dapat lakukan.

Banyak keluarga yang malu sehingga tuna netra tidak diperbolehkan keluar rumah, dan tidak diajak berinteraksi al hasil tuna netra semakin terkucilkan dari lingkungan mereka.

Untuk bersekolah para tuna netra juga mengalami kesulitan mulai pihak sekolah yang tidak menerima karena alasan banyak hal, dan jika ada tempat pendidikan khusus atau SLB, itu selain terbatas lalu rata-rata fasilitas sangat terbatas dan belum tentu setiap kabupaten ada.

Seiring waktu serta  perkembangan tehnologi atas izin allah dan atas semangat tuna netra itu sendiri mereka mendapat informasi tentang screnlider.

Tahun 2004 awal screnlider itu dapat membantu tuna netra dari membacakan apa apa yang ada di computer maupun ponsel.

ScrenLider adalah pembaca layar khusus untuk orang yang mengalami kebutaan atau gangguan penglihatan.

Aplikasi ini memungkinkan interaksi dengan perangkat menggunakan masukan lisan. Awal mula screnlider ini hanya  bisa diinstal di computer operating sistem windaus dan oleh pengembangnya ahirnya dikembangkan untuk ponsel berbasis symbyan.

Tahun 2007 screnlider oleh google bekerja sama dengan OS android dan dari sini para tuna netra dapat berinteraksi dengan sesama tuna netra dari berbagai belah dunia, menggunakan sosmed dan sebagainya.

Tahun yang sama tuna netra dapat bersekolah di tempat pendidikan  umum, meski tidak mudah tapi mereka mencoba berusaha dengan maksimal dan banyak yang sampai ke universitas.

Screnlider dapat membantu tuna netra karena seperti yang penulis sampaikan di atas, screnlider  dapat membacakan buku lalu menulispun tuna netra dapat lakukan.

Hingga tuna netra saat ini mampu memanfaatkan screnlider untuk membantu dalam menjemput rizki.

Bahkan banyak tuna netra dapat mempelajari banyak hal dengan screnlider tersebut. Untuk para tuna netra beberapa ada yang menjadikan screnlider sebagai pendukung rutinitas mencari informasi di internet.

Bahkan mereka dapat bekerja dan banyak yang menekuni online Shop.

Jakarta, 7/06/18

Keterangan : Tulisan ini adalah tulisan asli penulis tanpa diedit, Screnlider yang dimaksud adalah Screen Reader.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Screnlider Membantu Tuna Netra Dalam Banyak Hal