TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bantuan Kemanusiaan Suku Mausu Ane Tiba dan Langsung Dibagikan

By 30 Jul 2018 15:24Kodam XVI/Patimura
5B

MALUKU TENGAH, tniad.mil.id – Bantuan kemanusiaan dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) untuk Suku Mausu Ane sudah tiba dan langsung didistribusikan ke mereka, yang saat ini berada di kamp penampungan di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Minggu (29/7/2018).

Bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, tenda, dan yang lainnya itu, sebagian sudah didistribusikan dan diserahkan langsung oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane (Paban V Ster Mabes TNI) Kolonel Inf Farid kepada perwakilan warga Suku Mausu Ane, yakni Yanatoto Boiratan (40) dan Raja Maneo 43 Nikolas Boiratan.

Selain dari Mabes TNI, juga terdapat beragam bantuan kemanusiaan lainnya dari berbagai pihak untuk membantu meringankan beban penderitaan Suku Mausu Ane ini, diantaranya berasal dari Rumah Zakat Bandung, Rumah Zakat Ambon, Badan Amil Zakat Nasional, Dompet Duafa Sulawesi Selatan, dan Komunitas Adventure Seram (Kanes).

Hingga saat ini, persediaan makanan dan obat-obatan mencukupi kebutuhan 27 KK (126 orang) Suku Mausu Ane yang sudah bersedia untuk turun ke kamp penampungan sementara. Namun demikian, tambahan obat-obatan dan vitamin tetap masih dibutuhkan.

Selain bantuan kemanusiaan, kedepan, TNI bersinergi dengan dinas-dinas terkait akan berupaya mengadakan sosialisasi terkait cara bercocok tanam, penyuluhan kesehatan dan pengobatan, serta pengajaran kepada anak-anak dari Suku Mausu Ane tentang pengetahuan baca tulis dan menghitung, sehingga diharapkan mereka dapat mandiri dan tidak lagi hidup nomaden atau berpindah-pindah tempat tinggalnya.

“Kami dari Mabes TNI datang untuk memperkuat dan membantu Satuan Komando Kewilayahan setempat dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura, yang telah banyak berbuat dengan mendatangkan bantuan, mengajarkan bagaimana cara-cara kebersihan, menyikat gigi, mandi dan sebagainya, yang dilakukan oleh ibu-ibu Persit. Mudah-mudahan Suku Mausu Ane ini bisa hidup mandiri, hidup bersih, dan terpenuhi kebutuhannya,” ujar Dansatgas Kolonel Inf Farid, yang turut mengantar makanan dan obat-obatan ini guna memastikan bantuan dari Panglima TNI sampai dan diterima langsung oleh warga masyarakat dari Suku Mausu Ane ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bantuan Kemanusiaan Suku Mausu Ane Tiba dan Langsung Dibagikan