TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0508/Depok Bersihkan dan Hijaukan Kali Pasanggrahan

By 23 Jul 2018 17:54Kodam Jaya
bra1

DEPOK, tniad.mil.id – Sungai/Kali Pasanggrahan di RT. 3 RW. 4 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, karena keberadaannya yang sangat penting sebagai penampungan air ketika curah hujan sangat tinggi.

Terkait itu, Komando Disrtrik Militer (Kodim) 0508/Depok bersama unsur Pemkot dan Polres Depok, serta warga masyarakat, melakukan pembersihan sampah dan rumput di sepanjang bantaran Kali Pasanggrahan tersebut, Jumat (20/7/2018).

20 orang anggota Kodim Depok dilibatkan dalam kegiatan karya bakti (Karbak) kali ini yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok Letkol Inf R. Moch. Iskandarmanto.

“Jika kebersihan kali tidak dijaga dan adanya pendangkalan kali karena banyaknya sampah, ketika musim penghujan sudah dipastikan tidak dapat menampung volume air dan bisa mengakibatkan banjir,” kata Dandim.

Kegiatan pembersihan kali, lanjutnya, bertujuan untuk meminimalisir terjadinya bencana banjir, selaligusmenjaga ekosistem dan keindahan di sepanjang Kali Pasanggrahan. Terlebih lagi, selain pembersihan juga dilakukan penghijauan, dengan penanaman pohon di sepanjang kali.

“Kita bersihkan kali, terutama sampah-sampah yang ada di kali kita angkat untuk meminimalisir bencana banjir, serta kita jaga keindahan kali dengan penanaman pohon,” ujar Letkol Iskandarmanto.

Menurutnya, penanaman pohon selain untuk penghijauan dan keindahan, juga bertujuan untuk memperkuat struktur tanah di sepanjang kali agar tidak terjadi longsor yang dapat mengakibatkan pendangkalan.

Kegiatan Karbak ini dihadiri Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, yang ikut terlibat langsung mengangkat sampah yang ada di kali Pasanggrahan.

Warga sekitar kali memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan Kodim, Kepolisian, dan Pemkot Depok, dengan banyaknya warga yang berpartisipasi dalam kegiatan membersihkan dan menghijaukan Sungai/Kali Pesangggrahan ini.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0508/Depok Bersihkan dan Hijaukan Kali Pasanggrahan