TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mengompres Kaki ataupun Tangan Ketika Keseleo dengan Air Dingin atau Air Panas, Mana yang Bagus?

By 16 Jul 2018 07:24Tips Kesehatan
hadi

Bismillah, Kali ini saya akan mencoba mensharing soal mengompres bagian tubuh kita, yang karena terbentur tembok, jatuh, dan sebagainya, itu bagus dengan menggunakan air panas, atau es batu (air dingin).

Ya memang bagi pertolongan pertama disaat tekilir atau jatuh, tehnik pengompresan dengan air itu sangat bagus. Tujuannya supaya rasa sakit di tulang akibat memar berkurang, pun mengendorkan Musculus (otot) yang tegang. Sehingga peredaran darah akan kembali lancar seperti semula.

Mungkin Pembaca menjumpai bahkan ada yang mengalami keseleo, jatuh lalu sudah di kompres dan sudah di bawa ke tukang urut (terapi massage). Tetapi malah bengkak, dan sakitnya luar biasa, dipakai istirahat rasanya sakit sampai berhari-hari. Ya memang pemijatan pada kaki atau tangan itu terbukti bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang dirasa.

Namun perlu dipahami terapis harus memahami posisi tulang, serta keadaan otot tersebut. Berapa lama otot dalam keadaan spasme (kaku), tulang yang memar itu harus dipahami, supaya hasil terapi maksimal. Terapi massage juga tidak akan mendapatkan hasil maksimal tanpa terapi pengompresan dengan air.

Untuk itu di sarankan sebelum Anda di massage, sampaikan keluhan Anda serta berapa lama Anda mengalami keseleo. Terapis yang paham, akan tahu metode seperti apa yang diterapkan untuk menerapi Anda.

Selama ini beredar opini di masyarakat, yang mana sebagian ada yang berpendapat mengompres keseleo itu bagus dengan menggunakan air hangat, Lalu ada juga bagus menggunakan air dingin (es batu). Keduanya bagus, dan hasilnya memang berbeda, karena air panas atau air dingin mempunyai efek yang jauh berbeda bagi otot, serta tulang.

Berdasarkan pengamatan terapis massage di lapangan, pengompresan pada bagian tubuh yang mengalami benturan dengan es batu di waktu setelah 1 jam dari terbentur. Sebab, dalam waktu 1 jam itu hanya spasme otot saja. Fungsi es batu tersebut Insya Allah dapat melemaskan kekakuan otot tersebut.

Jika kesleo sudah di alami lebih dari 2 jam atau lebih, air dingin (es batu), sudah tidak di sarankan untuk mengompres. Sebab otot sudah kaku bahkan berpindah posisinya, akibatnya terjadi pembengkakan pada daerah yang mengalami keseleo. Pengompresan yang tepat jika sudah begini disarankan menggunakan air hangat. Agar tulang, otot, kembali normal.

Salam Sehat!

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mengompres Kaki ataupun Tangan Ketika Keseleo dengan Air Dingin atau Air Panas, Mana yang Bagus?