TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Olahraga Sepanjang Hari Tapi Melupakan Sarapan di Pagi Hari

By 05 Jul 2018 06:29Artikel
hadi

Bismillah izinkan saya menyampaikan sedikit pengetahuan yang saya miliki kepada Pembaca semua. Pengetahuan ini saya tulis disebabkan seringnya orang yang mengabaikan sarapan pagi. Dan sering saya menerapi banyak pasien saya, dimana keluhan mereka adalah pusing, sakit perut, seperti kembung dan sebagainya.

Setelah saya lakukan pengamatan, ternyata penyebabnya adalah kebanyakan dari mereka seringnya meninggalkan sarapan dalam waktu relatif lama, dan kebiasaan makan siang dengan porsi melebihi yang seharusnya. Akibatnya lambung kewalahan menampung. Dan hal ini dilakukan setiap hari.

Di sini saya tidak tulis kapasitas lambung dan proses pencernaan untuk mengolah makanan menjadi energi bagi tubuh kita. Tapi saya mengajak semua untuk membiasakan sarapan di pagi hari dengan tepat waktu. Memang bagi sebagian orang terutama yang olahraganya teratur, terkadang cukup minum secangkir kopi rasanya sudah cukup.

Padahal itu sesungguhnya tidak cukup. Lambung kita masih butuh asupan lain supaya hasil energi bagi tubuh kita bisa maksimal.

Sarapan apa yang bagus?

Memang saat ini dimana banyak orang entah karena pekerjaan, takut kejebak macet dan sebagainya, sehingga kita tidak memperhatikan kesehatan tubuh kita. Jikalau ada yang menyempatkan sarapan, hanya dengan semangkok mie instant saja. Sebaiknya jika di antara pembaca ada yang punya kebiasaan tersebut baiknya segera dirubah. Sebelum gastritis atau penyakit maag hinggap di tubuh Anda, sebelum lever anda mengalami disfungsi.

Perlu dipahami bahwa inti organ dalam tubuh manusia itu terletak pada lambung, maka jika lambung kita dalam keadaan bermasalah secara otomatis organ yang lain akan mengalami gangguan pada fungsinya.

Mie instant maupun kopi, masing-masing bukan buat asupan inti di pagi hari melainkan hanya pelengkap dan tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Jika Anda tidak sempat mengkonsumsi nasi diwaktu pagi, cobalah ganti dengan sepotong roti dan secangkir susu atau air putih hangat. Jangan beranggapan olahraga itu mutlak akan sehat jasmani atau badan kita. Memang efek dari mengabaikan sarapan diwaktu pagi tidak serta merta dapat dirasakan.

Biasanya akibat tersebut bisa dirasakan dalam kurun waktu tertentu tergantung fisik serta pola hidup individu. Sebelum Kita sakit, sebelum kita dapat berbuat banyak untuk keluarga dan negara, marilah kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan maksimal. Jangan abaikan hal yang sepele sebab belum tentu hal yang kita sering lewatkan, ternyata mempunyai peran penting bagi tubuh kita.

Salam sehat

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Olahraga Sepanjang Hari Tapi Melupakan Sarapan di Pagi Hari