TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IX/Udayana: Terorisme dan Narkoba Merupakan Kejahatan Luar Biasa

By 22 Jul 2018 03:07Kodam IX/Udayana
bra3

BADUNG, tniad.mil.id – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Benny Susianto, S.I.P, memberikan pengarahan umum sekaligus melepas KKN (Kuliah Kerja Nyata) PPM (Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) “Tematik” Universitas Udayana Periode XVII Tahun 2018 di Gedung Widya Sabha, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (20/7/2018).

Pangdam IX/Udayana pada kesempatan itu menyampaikan, bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Disisi lain, juga menghadapi ancaman kejahatan secara terorganisir yang sangat dirasakan saat ini, diantaranya adalah terorisme dan narkoba. Kejahatan ini bukanlah kejahatan biasa melainkan merupakan kejahatan luar biasa, yang dapat merusak mental generasi muda bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia saat ini juga mengalami krisis karakter budaya, lanjutnya, karena adanya pengaruh kemajuan teknologi yang canggih dan dapat melemahkan kekuatan bangsa Indonesia. Untuk itu, diharapkan kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dapat mencegah semua ancaman yang datang dari dalam maupun dari bangsa lain.

Menurut Pangdam, mahasiswa Universitas Udayana sebagai generasi muda harus memiliki ciri sesuai visi dan misi, yakni sebagai generasi muda yang unggul, mandiri, bermutu, berdaya saing, dan berkarakter yang baik, serta menjadi generasi penerus yang cerdas, berkarakter Pancasila, memiliki jiwa dan semangat sebagai Patriot Bangsa Indonesia yang lebih maju.

Pangdam juga menyampaikan bahwa KKN PPM merupakan tugas mahasiswa sebagai perwujudan nyata keterkaitan dunia kampus dengan masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Saya selaku Pangdam IX/Udayana menitipkan kepada adik-adik mahasiswa yang berbasis pendidikan untuk dapat menjaga nama baik almamater kampus Universitas Udayana. Jadikan momen KKN PPM ini sebagai media berkomunikasi dengan masyarakat, sesuai dengan dasar dan nilai-nilai Pancasila, dimana Pancasila memiliki makna yang luar biasa, yang mengandung segala unsur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Yakinlah bahwa Pancasila sebagai ideologi negara dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, kuat, dan berjaya,” ujar Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P.

Selanjutnya Pangdam melepas 3.426 orang mahasiswa peserta KKN Tematik Unud 2018 dari 13 Fakultas yang ada di Universitas Udayana, yang ditandai dengan penyematan topi KKN kepada perwakilan yang ditunjuk, diiringi ucapan “Selamat melaksanakan tugas KKN PPM. Jaga nama baik civitas akademika Universitas Udayana dimana pun berada”.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asrendam IX/Udayana, Dandim 1611/Badung, Rektor Unud, Prof.Dr. dr A.A Raka Sudewi, Sp.S (K), Ketua LPPM Unud, Ketua Pelaksana KKN Unud, Wakil Rektor, para Pembantu Rektor, Dekan, dan Dosen Unud, serta perwakilan kepala desa (Kades) daerah sasaran KKN.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IX/Udayana: Terorisme dan Narkoba Merupakan Kejahatan Luar Biasa