TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Jaya Tinjau Pemeliharaan Sungai-Situ di Bekasi dan Depok

By 18 Jul 2018 Kodam Jaya
bra2

BEKASI, tniad.mil.id – Menindaklanjuti nota kesepakatan kerjasama antara Kodam Jaya/Jayakarta dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terkait pemeliharaan empat sungai dan sembilan situ yang ada di Jabodetabek, Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto meninjau Situ Taman Tirta Rawa Bebek yang berada di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Senin (16/7/2018). Ini merupakan peninjauan pertama, usai penandatanganan kerjasama pada Jumat (13/7) pekan lalu.

Mayjen Joni Supriyanto mengatakan, kerjasama ini berlangsung hingga empat bulan kedepan, dengan objek pemeliharaan meliputi, Sungai Krukut, Sungai Grogol, Sungai Sunter, dan Sungai Mookervaart.

“Serta sembilan Situ yang meliputi, Situ Leungsir dan Situ Taman di Kabupaten Bekasi. Situ Rawa Bebek dan Situ Rawa Lumbu di Kota Bekasi, dan Situ Sidomukti, Situ Bahar, Situ Gadog, Situ Patinggi, serta Situ Pengarengan di Kota Depok,” paparnya.

Dalam peninjauan ini, Pangdam Jaya didampingi oleh Pj Walikota Bekasi R. Ruddy Gandakusuma, Kepala BBWSCC M. Ibrahim, Danrem 051/Wijayakarta Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, Asintel Kasdam Jaya Kolonel Inf Zainul Bahar, Aster Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto serta Kazidam Jaya Kolonel Czi Eko Puji.

bra2b

Usai meninjau Situ Taman Tirta Rawa Bebek, dilanjutkan dengan pemberian Sembako untuk warga sekitar situ yang membutuhkan. Selanjutnya Pangdam Jaya dan rombongan meninjau kegiatan pemeliharaan sungai dan situ, yang diikuti dengan bakti sosial (Baksos) di kawasan Situ Bahar, Kota Depok. Di lokasi ini, Pangdam Jaya juga melakukan penanaman pohon secara simbolis, penyerahan bantuan keramik untuk Masjid Jami’ Annuriyyah serta pemberian Sembako bagi warga yang membutuhkan.

Dari Situ Bahar, Pangdam Jaya dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Situ Gadog, Situ Patinggi, dan Situ Pengarengan.

“Kami juga mengadakan bakti sosial berupa pengobatan umum secara gratis, yang dilakukan oleh personel Kesdam Jaya. Lokasinya di RT.002 RW.02, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depak,” ujarnya.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Surpiyanto menambahkan, dengan dilakukannya pemeliharaan bersama, diharapkan sungai dan situ dapat lebih optimal dalam menampung air, sehingga tidak meluap dan menggenangi wilayah sekitar saat musim hujan, serta mengurangi terjadinya bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Jaya Tinjau Pemeliharaan Sungai-Situ di Bekasi dan Depok