Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Satgas TMMD Kodim 0116/Nagan Raya Bantu Mengajar Siswa SD

Dibaca: 8 Oleh 18 Jul 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

NAGAN RAYA, tniad.mil.id – Mencerdaskan bangsa adalah sebuah amanat dari Pancasila. Sebagai seorang prajurit yang bertugas di satuan teritorial, dituntut untuk menjadi serba bisa di masyarakat, sebagai pribadi yang bisa menjadi panutan. Seorang prajurit menunjukkan hal itu. Ia telah memberikan kontribusinya dalam upaya mencerdaskan bangsa, memperkaya ilmu pengetahuan generasi muda.

Prajurit Kepala (Praka) Elfa, anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 membantu guru SDN Kila, dengan memberikan pelajaran tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, Selasa (17/7/2018). Ia menggunakan pola mendongeng atau telling story dalam mengajar. Metode ini terbukti efektif membangun semangat, pola pikir, serta kedekatan emosional antara siswa dengannya.

”Pola mendongeng saya terapkan, mengingat para murid Sekolah Dasar masih anak-anak, butuh sesuatu yang baru seperti bermain dan bercerita, sehingga mereka cepat menangkap apa yang akan disampaikan,” terangnya.

Praka Elfa dalam kesehariannya di TMMD Reguler ke-102 wilayah Kodim 0116/Nagan Raya, ditugaskan di pengerjaan pengerasan jalan sepanjang 4000 meter. Namun disela-sela waktu yang ada, ia terpanggil untuk mengajar anak-anak SD yang sedang memasuki ajaran baru.

Baca juga:  Komitnen Kodim 0117/Atam Wujudkan Ketahanan Pangan di Aceh Tamiang

Dalam kegiatan itu, para murid terlihat begitu antusias mengikuti pelajaran yang diberikan Praka Elfa. Selain wawasan kebangsaan, juga diberikan materi bahasa Indonesia, agama, Pancasila, dan lagu-lagu kebangsaan, yang diselingi dengan permainan edukatif.

”Pelajaran yang saya berikan kepada 24 anak tersebut juga sesuai dengan kemampuan mereka yang masih duduk di bangku SD, seperti ilmu-ilmu dasar agama, bahasa Indonesia, Pancasila, dan lagu-lagu kebangsaan,” katanya.

Komandan Satgas TMMD Ke-102 Letkol Inf Adhe Hansen menuturkan bahwa personel Satgas TMMD selain melaksanakan pembangunan fisik pembuatan jalan sepanjang 4000 meter, juga melaksanakan penyuluhan dan pembekalan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, serta ilmu yang bermanfaat, dimana pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Ibrahim,S.Pd Kepala Sekolah SDN Kila menyampaikan terima kasih kepada Satgas TMMD karena program pembangunan, baik fisik dan non fisik benar-benar membantu masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan. Metode yang diberikan personel Satgas TMMD, menurutnya, memberikan suasana baru bagi siswanya.

Baca juga:  Sejuta Merah Putih Di Tanah Rencong

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel