Skip to main content
Berita Satuan

11 Hari Pasca Gempa, TNI Telah Kirim 2.607 Prajurit ke Lombok

Dibaca: 6 Oleh 17 Agu 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – 11 hari pasca gempa tektonik berkekuatan 7.0 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu 5 Agustus 2018 lalu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah mengirimkan 2.607 prajurit dari berbagai satuan di TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Pengiriman juga disertai alat dan perlengkapan yang dimiliki oleh TNI, termasuk bantuan logistik dari TNI, Ibu-ibu Dharma Pertiwi, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardya Garini, dan masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/8/2018), yang tidak menyebutkan secara detail satu persatu asal pemberi bantuan tersebut karena saking banyaknya dan terus berdatangan hingga sekarang.

“Saya tidak menyebutkan satu persatu bantuan dari instansi lainnya, diantaranya Polri, Kementerian, dan masyarakat Indonesia yang masih terus memberikan bantuan terhadap para korban gempa,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pengiriman pasukan TNI dan alat perlengkapan untuk membantu korban gempa bumi merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 34 tentang TNI, diantaranya membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Baca juga:  Kodim 1704/Sorong Gelar Khitanan Massal Bagi Masyarakat

Pemberangkatan personel dan alat perlengkapan, bantuan logistik dan alat kesehatan termasuk para relawan, dilaksanakan melalui jalur udara dan laut. Melalui jalur udara menggunakan Pesawat TNI AU, diantaranya Hercules C-130 A-2903, A-1317, A-1318 dan CN A-2903, A-295, A-235. Pesawat tersebut bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Abdulrachman Saleh Malang, Adisutjipto Jogjakarta, dan Adi Soemarmo Solo.

“Bantuan melalui jalur laut dengan mengerahkan lima KRI, diantaranya KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Sibolga 536, KRI Teluk Banten 516, KRI Teluk Parigi 539, dan KRI dr Soeharso 990 sebagai kapal rumah sakit apung,” tambahnya.

Kapuspen TNI juga mengatakan bahwa untuk mempercepat pembongkaran puing-puing reruntuhan dan rekonstruksi di lokasi gempa, TNI juga mengerahkan sejumlah Batalyon Zeni, diantaranya dari Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10/2/Kostrad, Batalyon Zeni Konstruksi (Yonzikon) 13 Kodam XVIII/Kasuari, Pasukan Marinir (Pasmar) 2 Surabaya, dan Pasukan Khas (Paskhas) dari Kodam V/Brawijaya.

“Pengiriman bantuan personel TNI dari Satuan Zeni tersebut, diharapkan dapat mempercepat proses pembersihan puing-puing reruntuhan dan pemulihan bangunan akibat gempa, sehingga masyarakat korban gempa dapat beraktifitas kembali seperti semula,” ujar Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

Baca juga:  Yonif Raider 300 Bantu Proses Pemakaman Warga Kampung Skanto

Selain itu, Tim Kesehatan (Timkes) TNI terus dikerahkan dari Mabes TNI, Mabes TNI AL, Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1/1/Kostrad Cilodong, Yonkes 2/2/Kostrad Malang, dan Yonkes-2 Marinir Surabaya.

“Selain mengerahkan personel, alat perlengkapan, dan KRI, TNI masih menyiapkan tiga helikopter untuk mendukung evakuasi dan pengiriman bantuan ke daerah-daerah yang terisolasi, diantaranya Heli MI 17, Heli Bell 412, dan Heli Panther TNI AL,” katanya.

Setelah terjadi gempa bumi berkekuatan 7.0 SR yang mengguncang wilayah Lombok, TNI juga telah mendirikan Posko Bantuan Bencana Alam di Gedung Suma 3, VIP Room Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Untuk penyaluran bantuan bagi korban gempa, bisa diakses melalui pesawat telepon 08126790682, 081231611998, 08187264089, dan 021-8011126,” ucapnya.

Hingga saat ini, TNI telah menyalurkan bantuan ke Lombok melalui udara sebanyak 412.286 kg dan melalui laut 428 ton, berupa air mineral, obat-obatan, makanan, susu, tenda, alat komunikasi (Alkom), dan lain-lain.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel