Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

2 Heli BNPB dan Satgas Terpadu Tangani Karhutbunla di Wilayah Kodim 0402/OKI

Dibaca: 256 Oleh 09 Agu 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

PALEMBANG, tniad.mil.id – Satuan Tugas (Satgas) Udara dan Satgas Darat kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) di wilayah Komando Distrik Militer 0402/Ogan Komering Ilir (Kodim 0402/OKI) berhasil memadamkan api yang membakar lahan di Desa Sungai Bungin dan Desa Pangkalan Lampam, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan (Sumsel). Dua unit helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel dan puluhan petugas dari Satgas Terpadu Kodim 0402/OKI yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni (MA), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) perusahaan), dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar lahan di kedua desa tersebut.

“Sekitar kurang lebih tujuh hektar lahan semak belukar dari kedua desa tersebut hangus terbakar, yaitu dua hektar di Desa Sungai Bungin dan lima hektar di Desa Pangkalan Lampam. Namun demikian, api akhirnya bisa dipadamkan,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol Inf Septiyanizar dalam laporan tertulisnya, Rabu (8/8/2018).

Karhutbunla juga terjadi di Daduk Tebu PTPN 7 Cinta Manis di Rayon 4 Petak 245. Setidaknya kurang lebih 11 hektar lahan hangus terbakar dilalap si jago merah. Kebakaran ini membuat puluhan petugas dari TNI dan RPK Cinta Manis harus bekerja ekstra keras untuk memadamkan api di lahan tersebut.

Baca juga:  Lepas Satgas Yonif R 142/KJ Ke Daerah Latihan, Danrem 042/Gapu : Bagi Prajurit, Tugas Merupakan Kebanggaan dan Kehormatan

Sementara itu, kebakaran lahan milik masyarakat seluas 50 x 30 meter juga terjadi di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten OKI. Api berhasil dipadamkan oleh Satgas Terpadu dibantu masyarakat, yang saat ini masih dilakukan pembasahan.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Subsatgas Udara, terpantau fire spot di wilayah Mesuji dan Gajah Mati, Kabupaten OKI.

“Dari informasi tersebut, saat ini sedang dilakukan ground cheking di lapangan olehTim Terpadu, Manggala Agni, dan Babinsa (Bintara Pembina Desa = Red),” ujar Septiyanizar.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel