TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad: TNI AD selalu Terdepan dalam Upaya Mitigasi Bencana

By 17 Aug 2018 Dinas Penerangan
WhatsApp Image 2018-08-17 at 11.07.35 PM

JAKARTA, tniad.mil.id – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana dan bergerak cepat dalam mengatasi konflik, separatisme dan terorisme bersama Polri di berbagai wilayah di tanah air.

Hal ini diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Kasad (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, pada Upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI), tanggal 17 Agustus 2018 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jumat (17/8/2018) pagi.

WhatsApp Image 2018-08-17 at 11.07.30 PM

Lebih lanjut dikatakan, TNI AD juga turut menunjukkan perannya dalam pengawasan dan membantu pembangunan kawasan perbatasan, bekerja sama dengan institusi pemerintah lainnya.

“Dalam misi pasukan pemelihara perdamaian PBB, prajurit kita menjadi panutan dan selalu dirindukan kehadirannya oleh masyarakat lokal. Dan dalam event-event kompetisi antar angkatan bersenjata, baik pada taraf regional maupun internasional, kehadiran kita selalu diperhitungkan dan menjadi tolok ukur prestasi,” ujar Jenderal TNI Mulyono.

Terkait dengan momen upacara peringatan HUT ke-73 RI ini, Kasad mengungkapkan, upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut, sepatutnya menjadi momen-momen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia puluhan tahun silam.

“Tidak ada klaim bahwa kemerdekaan itu diraih berkat jasa sekelompok orang, karena para pejuang saat itu tidak mengenal pertentangan SARA. Semuanya bersatu, rela berkorban demi satu tujuan, lepas dari penjajahan yang menyengsarakan rakyat dan seluruh bangsa Indonesia. Tekad dan semangat tersebut demikian kuatnya, hingga pasukan Sekutu yang berjaya pada Perang Dunia Kedua pun tidak mampu menghalau kekuatan para pejuang kita saat itu,” ungkapnya.

Kasad Jenderal TNI Mulyono juga menyampaikan hal-hal penting yang dihadapi dan menjadi perhatian khusus bangsa Indonesia saat ini, seperti pesta olahraga negara-negara Asia yaitu Asian Games 2018 dan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Terkait itu, TNI AD dituntut untuk tetap konsisten menjaga netralitasnya dengan tidak terlibat dalam politik praktis.

“Saya perintahkan kepada para Komandan Satuan, agar dapat secara cermat melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap situasi yang dapat berkembang menjadi ancaman dan gangguan yang berpotensi menimbulkan konflik,” perintahnya.

Di akhir amanatnya, Kasad berharap dengan peringatan HUT ke-73 RI tahun 2018 yang bertema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” dapat menjadi semangat dan tekad seluruh prajurit dan PNS di jajaran TNI AD,

“Sesuai dengan tema tersebut, saya berharap agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat diaplikasikan ke seluruh prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari, melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme. Tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keihklasan,” harapnya.

Upacara diikuti ribuan prajurit, mulai dari level kepangkatan Perwira Tinggi (Pati), Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara (Ba), hingga Tamtama (Ta), serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabesad.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad: TNI AD selalu Terdepan dalam Upaya Mitigasi Bencana