Skip to main content
Berita Satuan

Komandan Konga UNIFIL Pimpin Upacara HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Lebanon

Dibaca: 89 Oleh 20 Agu 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

LEBANON SELATAN, tniad.mil.id – Komandan Kontingen Garuda (Dan Konga) United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) Kolonel Inf Murbianto memimpin pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), dengan Komandan upacara Mayor Inf Didiet Trilaksono yang sehari-hari menjabat sebagai Wadan Satgas Indobatt XXIII-L, bertempat di lapangan Sukarno, Markas Indobatt UNP 7-1, Adchits Alqusayr, Lebanon Selatan, Jumat (17/8/2018).

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara (Irup), Dan Konga UNIFIL Kolonel Inf Murbianto mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 akan terus diwariskan kepada generasi penerus bangsa dan rakyat seutuhnya.

“Selama 73 tahun bangsa Indonesia telah mengisi kemerdekaannya, tidak mudah negeri ini untuk melepaskan diri dari berbagai tantangan dan hambatan,” kata Kasum TNI.

Untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang bertema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” ini, pasukan TNI yang bertugas dibawah bendera PBB di Lebanon ini menggelar berbagai kegiatan, antara lain Indobatt Mini Football Competition 2018 dan Garuda Run 12K, yang melibatkan masyarakat umum dan militer, serta perlombaan tradisi khas Indonesia.

Baca juga:  Panglima TNI Terima Pangab Brunai

Sementara itu, disela-sela acara HUT ke-73 tersebut, Komandan Satgas (Dansatgas) Indobatt XXIII-L Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. mengatakan, berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan juga bertujuan untuk semakin mendekatkan hubungan antara masyarakat dan para prajurit UNIFIL, yang selama ini telah terjalin sangat baik.

“Kami memperkenalkan aneka kekayaan seni budaya bangsa Indonesia, termasuk menampilkan aneka makanan khas,” ujar Arfan.

Pada rangkaian acara tersebut, juga dilaksanakan pemberian hadiah dan piagam kepada prajurit Indobatt yang berprestasi, kemudian dilanjutkan dengan penampilan drumben (drum band) dan seni budaya khas Indonesia, berupa kolaborasi seni Tari Tek- Tek, Barongan, dan Reog Ponorogo oleh para prajurit Indobatt.

Acara dihadiri Komandan sektor timur UNIFIL Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez beserta para pejabat teras sektor timur UNIFIL, para Dansatgas tiap-tiap Kontingen dari berbagai negara asing, pejabat pemerintahan dan tokoh masyarakat Lebanon.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel