TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Krayan, Garda Terdepan Penjaga Keutuhan Wilayah NKRI

By 17 Aug 2018 06:07Dinas Penerangan
WhatsApp Image 2018-08-17 at 5.48.13 AM

NUNUKAN, tniad.mil.id – Komando Rayon Militer (Koramil) 0911-06/Krayan (Kry) jajaran Komando Distrik Militer 0911/Nunukan (NNK) adalah salah satu dari Koramil di jajaran TNI Angkatan Darat (TNI AD) yang berada di wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adapun Koramil di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ini, berada di wilayah berbatasan RI-Malaysia.

Untuk menuju ke Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) ini, hanya dapat dijangkau melalui jalur udara, tidak ada sarana transportasi darat ataupun laut yang bisa ke sana.

Koramil 0911-06/Krayan memiliki tugas untuk membina wilayah Krayan, Krayan Barat, Timur, Utara, Selatan, dan Krayan Tengah, serta 89 desa dan 27 lokasi (tiap lokasi membawahi beberapa desa).

Dengan kontur wilayah yang dikelilingi hutan, menjadikan Krayan sebagai kota kecil di tengah hutan, sehingga untuk mengunjunginya hanya bisa menggunakan pesawat ukuran kecil (9-11 penumpang) atau dengan helikopter.

Penerbangan yang memakan waktu sekitar satu jam dari Tarakan hanya tersedia sekali dalam sehari, itupun tergantung pada kondisi cuaca. Selain itu, tiket penerbangan harus dipesan sebulan sebelumnya, bila tidak ingin kehabisan tiket, kerena sudah terbeli.

Keterbatasan atau kalau boleh dibilang ‘keterisolasian’ ini, tentu tidak hanya dirasakan warga masyarakat penduduk Kecamatan Krayan, namun juga para prajurit yang bertugas di Koramil 0911-06/Krayan. Bukan hanya masalah keterbatasan sarana transportasi, faktor lain seperti komunikasi dan fasilitas kesehatan, juga menjadi permasalahan yang sangat dirasakan.

Namun demikian, meski dengan berbagai keterbatasan yang ada, kondisi ini tidak menjadi hambatan namun justru merupakan suatu tantangan bagi para prajurit personel Koramil untuk berbuat yang terbaik, tulus, dan ikhlas untuk rakyat, warga masyarakat Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Selain berperan aktif didalam pembangunan daerah dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil Krayan ini secara terus menerus menanamkan rasa Cinta Tanah Air dan melestarikan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada masyarakat Krayan, mulai anak kecil hingga remaja dan orang tua, agar mereka tetap merasa menjadi bagian dari NKRI. Bahkan, para personel Koramil Krayan dan keluarganya bersatu padu membantu berbagai permasalahan dan kesulitan yang dihadapi warga Krayan.

Dihadapkan pada 2746,86 Km2 luas wilayah tanggung jawab berikut segala keterbatasan dan kesulitannya, personel Koramil 0911-06/Krayan yang beranggotakan 25 orang prajurit tersebut, tetap teguh pada tekadnya untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Sebagai Satuan Komando Kewilayahan di wilayah terdepan dan berbatasan dengan negara tetangga, juga dihadapkan dengan berbagai keterbatasan yang ada, saya beserta seluruh anggota Koramil tetap dan selalu bertekad menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Komandan Koramil (Danramil) 0911-06/Krayan Kapten Inf Laeti di Markas Koramil (Makoramil), Long Bawan, Krayan, Kamis (16/8/2018).

Ungkapan Danramil ini diamini oleh anak buahnya, Bintara Tinggi (Bati) Tata Usaha dan Urusan Dalam (TUUD) Serka Gunawan Wibisono, yang telah bertugas selama tiga tahun di Koramil 0911-06/Krayan.

“Walaupun dengan keterbatasan yang ada, hal ini tidak menyurutkan kami untuk menjalankan tugas sebaik mungkin dan menjaga agar wilayah NKRI tetap utuh,” katanya dengan mantap.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kasad Jenderal TNI Mulyono pernah mengunjungi Koramil 0911-06/Krayan, sekaligus menjadikan Markas Koramil sebagai tempat Panglima TNI bertatap muka dengan masyarakat dan tokoh adat Dayak Krayan, pada Kamis (29/3/2018) lalu.

Saat itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan rasa bangga kepada warga masyarakat perbatasan yang memiliki semangat luar biasa, yaitu semangat Merah Putih yang membara demi menjaga dan mempertahankan wilayah yang paling jauh dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Menurut Panglima TNI, Kecamatan Krayan yang berada di Provinsi Kaltara merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, namun masyarakatnya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan tetap terjaga dengan baik.

“Mari kita jaga wilayah ini, agar kedaulatan NKRI tetap utuh,” ajaknya.

Pada kesempatan berdialog dengan Panglima TNI, tokoh masyarakat wilayah Krayan menyampaikan bahwa salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah susahnya alat transportasi, sehingga harga kebutuhan bahan pokok sehari-hari mahal.

“Saya memahami susahnya alat transportasi di wilayah Krayan. Ke depan kami akan dukung pesawat TNI untuk mengangkut kebutuhan pokok masyarakat, sehingga harga bisa ditekan. Tentunya kita akan lihat dulu kesiapan landasan pesawat yang ada di Krayan, untuk menentukan jenis pesawat apa yang bisa digunakan,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Krayan, Garda Terdepan Penjaga Keutuhan Wilayah NKRI