TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang VI TA. 2018 Dimulai

By 30 Aug 2018 Kostrad
IMG_20180830_174819_180

KARAWANG, tniad.mil.id – Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang VI Tahun Anggaran (TA) 2018 diikuti 479 orang prajurit sebagai peserta dan 150 pelatih dan pendukung. Latihan akan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: Tahap I/Basis (7 minggu) di Sanggabuana Komplek, Tahap II/Hutan Gunung (3 minggu) di daerah Cikalong Kulon, dan Tahap III/Rawa Laut (2 minggu) di Plampangan, Cibenda.

Latihan dibuka secara resmi oleh
Kepala Staf (Kas) Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen TNI M. Bambang Taufik, selaku Inspektur Upacara (Irup) di Lapangan Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlat) Kostrad Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat (Jabar), Rabu (29/8/2018), dengan Komandan Upacara (Danup) Kolonel Inf Joko Susilo, Komandan Latihan (Danlat) Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang VI TA. 2018.

Panglima Kostrad (Pangkostrad) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kaskostrad mengatakan, Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad bertujuan untuk melatih, membentuk, dan menanamkan kebanggaan, serta kecintaan terhadap satuan Kostrad. Sekaligus untuk membangun jiwa korsa yang kuat serta mewujudkan kemampuan yang andal dalam melaksanakan tugas di medan operasi, baik di hutan gunung, rawa laut maupun perkotaan.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dari latihan standarisasi adalah agar terwujud prajurit Kostrad yang memiliki kemampuan teknik dasar tempur, survival, intelijen tempur (Intelpur), patroli, pengenalan pertempuran jarak dekat, dan operasi raid, serta memiliki fisik yang prima dan jago dalam Bela Diri Militer (BDM), sehingga menjadi profesional dalam melaksanakan tugas pokok Kostrad.

“Kalian adalah prajurit yang telah terseleksi dengan baik dan memenuhi syarat untuk mengikuti Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang VI. Latihan yang diselenggarakan selama kurang lebih 3 bulan ini dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan,” kata Pangkostrad.

Selanjutnya kepada Danlat beserta para pelatih dan pendukung latihan, Pangkostrad berpean agar mereka melaksanakan tugas pelatihan ini dengan penuh tanggung jawab.

“Laksanakan semua program latihan dengan disiplin dan wujudkan suatu mekanisme latihan yang memiliki tingkat realisme yang tinggi, guna tercapainya tujuan latihan yang ditetapkan,” pesannya.

Turut hadir pada upacara pembukaan latihan ini antara lain Ir Kostrad Brigjen TNI Dedy Kusmayadi, Koorsahli, Asren Kostrad, Para Asisten Kaskostrad, LO, Pa Ahli, Kabalak Kostrad, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad, Dandim Karawang, Kapolres Karawang, dan Komandan satuan jajaran Kostrad.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang VI TA. 2018 Dimulai