Skip to main content
Kostrad

Masyarakat Serahkan Srnjata Api ke Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad

Dibaca: 12 Oleh 05 Agu 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAYAPURA, tniad.mil.id – Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501 Kostrad di daerah penugasan Papua, berhasil membuat masyarakat perbatasan Papua sadar akan larangan dan bahaya menyimpan senjata api dirumahnya. Melalui kegiatan Binter di bidang keagamaan, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad menerima senjata api jenis Mauser buatan Jerman dari masyarakat Papua, Kamis (2/8/2018) di Jayapura.

Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif Para Raider 501 Kostrad
Letkol Inf Eko Antoni Chandra menceritakan, senjata api Mauser tersebut bukan diterima langsung dari si pemilik senjata. Si pemilik senjata tidak berani bertemu dan menyerahkannya langsung kepada pihak Satgas, dengan alasan keselamatan diri dan keluarganya. Ia menitipkan senjata api tersebut kepada seorang tokoh agama (Vikaris) berinisial AN (48 tahun) yang telah ia percaya, untuk diserahkan kepada pihak Satgas.

Prajurit Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad yang juga aktif dalam bidang keagamaan dan sering berkomunikasi dengan AN. yang berprofesi sebagai Vikaris. Setelah mengumpulkan beberapa informasi dari AN, akhirnya pihak Satgas sepakat untuk melaksanakan anjangsana ke kediaman AN di Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, untuk menerima senjata api yang dimaksud.

Baca juga:  Jabatan Komandan Batalyon Taruna Dewasa Akademi Militer di Serah Terimakan

Setibanya anggota Satgas Raider 501 di sana, AN menyampaikan bahwa senjata api tersebut adalah milik orang tua dari salah seorang jemaat gereja berinisial OL. Ia juga menjelaskan bahwa kedua orang tua OL adalah simpatisan aktif dari KKSB yang saat ini telah meninggal dunia.

“OL tergugah hatinya untuk menyerahkan senjata api tersebut karena ia tidak ingin ada lagi orang yang dicintainya meninggal sia-sia karena senjata api tersebut,” ujar Dansatgas Letkol Eko Antoni menirukan ucapan AN saat itu.

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad berharap, masyarakat Papua bisa mencontoh sikap positif yang dilakukan oleh OL. Senjata api adalah barang yang sangat berbahaya yang dapat menimbulkan korban jiwa apabila disalahgunakan.

Senjata api penyerahan dari AN tersebut kini telah diserahkan kepada pihak Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 172/PWY.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel