TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sweeping Rutin, Satgas Pamtas Yonif 121/MK Ciduk Pembawa Narkoba Jenis Ganja

By 26 Aug 2018 01:18Kodam I/Bukit Barisan
IMG_20180826_011632_522

KEEROM, tniad.mil.id – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 121/Macan Kumbang (MK) yang saat ini tengah bertugas di perbatasan RI-PNG, kembali berhasil menggagalkan peredaran Narkoba jenis ganja, pada saat para prajurit dari Kodam I/Bukit Barisan di Sumatera Utara (Sumut) itu menggelar sweeping rutin.

Sweeping yang digelar di depan Pos Wembi, Kampung Wembi, Kabupaten Keerom, Papua itu dipimpin langsung oleh Komandan Kompi B (Danki B) Satgas Yonif 121/MK Kapten Inf Hisar S. Sihombing, dibantu Komandan Pos (Danpos) Wembi Lettu CKM J. Nainggolan beserta 11 orang anggota Pos Wembi, pada Kamis (23/8/2018).

Saat itu, petugas sweeping menghentikan dua unit sepeda motor berpenumpang tiga orang warga, yang melintas dari Waris menuju Arso. Pada saat dilakukan pemeriksaan terhadap warga berikut barang bawaannya, petugas menemukan 0,5 Kg ganja siap edar dan siap diikonsumsi yang dikemas dalam bungkusan-bungkusan plastik dan sebungkus rokok yang ada di dalam noken (tas tradisional khas Papua) milik SK (24) dan sebagian lagi di dalam tas punggung EY (18), keduanya karyawan.

Dengan ditemukannya barang bukti ganja, petugas langsung mengamankan ketiganya dan diperiksa lebih lanjut di Pos Wembi. Saat pemeriksaan, salah seorang dari tiga warga tersebut (JS) seorang pelajar, mengaku tidak tahu kalau yang diboncengnya (EY) membawa ganja yang ada di dalam tas punggungnya karena ia hanya memberi tumpangan dari Waris menuju Arso.

Sementara itu, menurut pengakuan SK dan EY ganja tersebut merupakan milik teman mereka warga negara Papua Nugini bernama Job, yang bertemu di daerah Waris dan meminta mereka agar menjualkan ganja-ganja tersebut dengan iming-iming diberikan bagian dari hasil penjualan.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan terhadap ketiga warga tersebut, petugas langsung berkoordinasi dengan pihak Satnarkoba Polres Keerom dan menyerahkan ketiganya berikut barang bukti ganja untuk menjalani proses lebih lanjut.

Wakil Komandan (Wadan) Satgas Yonif 121/MK Mayor Inf Indra Rukmana mengatakan akan terus memantau pergerakan peredaran Narkoba di daerah penugasan di wilayah Kabupaten Keerom, dengan tujuan agar masyarakat terutama generasi muda tidak terjerumus di dalamnya.

“Kami Satgas Yonif 121/MK sebagai Pasukan Pengamanan Perbatasan Negara akan terus memantau peredaran Narkoba di wilayah penugasan kami di Kabupaten Keerom ini dan akan selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian atau instansi terkait lainnya dalam pemberantasan Narkoba, khususnya di wilayah perbatasan,” katanya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan Kostrad Berita Satuan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sweeping Rutin, Satgas Pamtas Yonif 121/MK Ciduk Pembawa Narkoba Jenis Ganja