Berita Satuan

Jembatan Desa Hanyut, Babinsa Taliabu Buat Jembatan Darurat

Oleh 21 Sep 2018 No Comments
#TNIAD 

PULAU TALIABU, tniad.mil.id – Tabona merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut). Disana terdapat tujuh desa dengan beberapa sungai besar, salah satunya adalah Sungai Folowang yang menghubungkan Desa Kataga dan Desa Tabona.

Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi beberapa waktu lalu, air meluap dan menghanyutkan jembatan yang menjadi satu-satunya jalan penghubung kedua desa tersebut, sehingga akses jalan terputus dan masyarakat kesulitan untuk beraktifitas.

Kondisi tersebut menggugah nurani Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Kataga, Sersan Dua (Serda) Rusman Umasugi untuk menolong masyarakat, dengan membuatkan jembatan darurat, agar warga bisa beraktifitas dengan lancar dan aman kembali.

Untuk merealisasikan keinginannya tersebut, ia lalu menghubungi Kepala Desa (Kades) dan tokoh masyarakat di kedua desa itu untuk bermusyawarah.

Masyarakat menyambut baik rencana Babinsa itu. Tanpa menunggu waktu lama, keesokan harinya pengerjaan jembatan mulai dikerjakan secara swadaya; dengan memanfaatkan material yang ada. Seluruh warga khususnya kaum laki-laki turun langsung bersama-sama membangun jembatan, walaupun dengan peralatan seadanya. Berkat kerja sama yang baik antar warga, pembuatan jembatan yang meskipun bersifat sementara atau darurat, dapat diselesaikan dengan cepat, agar segera bisa digunakan warga.

Baca juga:  Kodim 0618/BS Gelar Kegiatan “Sehari Bersama Mereka” Di Lapas Kebon Waru

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 1509-03/Bobong, Mayor Inf Poniman menyampaikan, pihaknya terus mendorong para Babinsa untuk berusaha membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Senada dengan itu, Komandan Kodim (Dandim) 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh jajarannya.

“Kedepan, kita juga akan komunikasikan dengan pemerintah daerah untuk dapat dimasukan dalam program pembangunan yang akan datang,” ujar Joni.

Komentar