TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Keliling Sekolahan, Prajurit Kodim Ponorogo Ajak Siswa SD Gemar Membaca

By 27 Sep 2018 13:18Kodam V/Brawijaya
IMG_20180927_131524_922

PONOROGO, tniad.mil.id – Kendaraan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Simokos) yang dioperasionalkan oleh prajurit Kodim 0802/Ponorogo, kali ini menyambangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Manuk, Kecamatan Siman, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim).

Seperti halnya pada kegiatan sebelumnya di berbahai sekolahan yang pernah disinggahi kendaraan Simokos, begitu tiba di SDN 1 Manuk, Rabu (26/9/2018), Simokos langsung diserbu anak-anak SD tersebut dengan penuh antusias, diiringi dengan nyanyian ‘selamat datang’ dan tepuk tangan meriah dari para siswa.

Empat orang prajurit Kodim yang mengawaki kendaraan Simokos ini dipimpin oleh Bintara Tinggi (Bati) Komunikasi Sosial (Komsos) Komando Rayon Militer (Koramil) 0802/04 Siman, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Sugeng Prayitna.

Kegiatan diawali kegiatan Komsos, yakni berupa perkenalan diri para prajurit yang datang membawa Simokos, sekaligus penjelasan tentang kendaraan unik dari TNI AD itu. Hal ini mampu ternyata mampu menyedot perhatian para siswa dan juga guru di sana.

“Kehadiran kendaraan Simokos di SDN 1 Manuk ini merupakan bentuk kerjasama yang telah terjalin antara Koramil 0802/04 Siman dan SDN 1 Manuk, untuk bersama-sama memberikan ilmu pengetahuan dan pembinaan kepada Siswa SDN 1 Manuk, guna mewujudkan generasi muda yang unggul dari sekolah ini,” kata Sugeng.

Dijelaskan, di dalam kendaraan Simokosterdapat buku-buku yang dapat dibaca oleh para siswa, _sound system_ dan TV LED untuk memutar film-film perjuangan.

“Bahkan telah kita bawakan pula peralatan permainan _outbond_ bagi para siswa, yang akan dipandu oleh anggota Koramil 0802/04 Siman,” jelasnya.

Setelah diijinkan meminjam buku-buku yang ada di kendaraan Simokos, para siswa SDN 1 Siman dengan tertib meminjamnya kepada anggota Koramil 0802/04 Siman yang bertugas memandu peminjaman buku-buku yang ada di dalam kendaraan tersebut.

Dengan penuh antusias, para siswa membaca lembar demi lembar buku yang dipinjamnya. Usai membacanya, mereka bertukar buku dengan temannya. Lebih satu jam, anak-anak SD ini membaca buku. Selanjutnya, Sersan Kepala (Serka) Nuryanto pemandu permainan _outbond_ mengumumkan, permainan akan segera dimulai. Permainan tersebut, diantaranya permadani terbang, tongkat estafet, bola terbang, dan permainan holahop beranting. Semua permainan itu merupakan permainan dalam kelompok, yang mengedepankan kerja sama untuk meraih kemenangan.

Menurut Serka Nuryanto, “Permainan itu untuk melatih siswa dan siswi SDN 1 Manuk agar selalu mengedepankan bekerja sama dalam mencapai tujuan, sekaligus mendidik mereka untuk sportif, baik disaat mendapatkan kemenangan maupun saat harus menerima kekalahan dalam permainan ini,” ucap Nuryanto.

Kepala sekolah (Kepsek) SDN 1 Manuk, Subro Unimasto, S.Pd. sangat mengapreasiasi dan memuji keberadaan kendaraan Simokos, serta kontribusinya untuk para murid di sekolahan yang dipimpinnya.

“Ini merupakan sebuah langkah kreatif dari bapak-bapak TNI, yang menghadirkan suasana kegembiraan dalam pembinaan siswa dan siswi kami untuk gemar membaca, meningkatkan kerjasama diantara mereka, sekaligus memberikan suntikan motivasi belajar kepada mereka,” kata Subro.

“Seperti yang kita lihat tadi, saat anak-anak ditanya apa cita-cita mereka, sebagian besar mereka menjawab ingin menjadi anggota TNI. Nah dengan motivasi ini, kami dapat lebih mudah mendorong mereka untuk lebih giat dalam belajarnya,” pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Keliling Sekolahan, Prajurit Kodim Ponorogo Ajak Siswa SD Gemar Membaca