TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kesaktian Pancasila di Era Digital

By 30 Sep 2018 09:55Tips Kesehatan, Artikel
hadi

Bismillah, Pancasila mengandung makna yang amat penting bagi sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Karena itulah Pancasila dijadikan sebagai dasar negara ini. Artinya segala tindak tanduk dari orang-orang yang termaksud sebagai warga negara dari republik yang bernama Indonesia, haruslah didasarkan pada nilai-nilai dan semangat Pancasila. Apakah dia sebagai seorang politisi, birokrat, aktivis, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya.

Akan tetapi banyak kenyataan yang bisa membuktikan bahwa nilai-nilai dan semangat Pancasila sudah kurang membumi. Salah satu bukti bahwa semangat dan nilai Pancasila tidak membumi di negeri ini adalah terlihat dari kebersamaan dan persaudaraan kita yang mulai melemah.

Padahal dilihat dari sejarahnya bahwa bangsa ini dari awalnya adalah bangsa yang kaya akan keberagaman. Kaya akan perbedaan. Singkatnya, bangsa ini adalah bangsa yang pluralistik. Keberagaman menjadi jati diri kita sebagai sebuah bangsa. Karena itu, keberagaman tidak perlu dihilangkan. Dia hanya perlu dihargai, dihormati dan diperlakukan secara adil.

Menurut saya pancasila adalah dasar kita hidup bermasyarakat. Dasar untuk kita saling menghargai pendapat, mengupayakan untuk dapat membawa diri tanpa merubah prinsip hidup. Contohnya begini, saat ini kita diberi kemudahan mengakses informasi apapun, hanya dengan smartphone kita sudah dapat mengetahui berita politik, info lowongan kerja dan masih banyak lagi. Karena sangat luar biasanya informasi  yang dapat kita akses, banyak dari kita  yang kurang memahami arti pancasila membuat info hoax atau palsu.

Demi ambisi, dan kurangnya bisa memahami Pancasila, mereka menyebar berita hoax. Tujuannya adalah menjadikan kita rakyat Indonesia terpecah belah. Dan pada ahirnya  akibat kurangnya selektif dalam menerima informasi, kita jadi termakan berita Hoax tersebut. Kita akan semakin tidak mengenal diri kita, kita akan jauh melupakan jasa leluhur kita. yang telah memperjuangkan kemerdekaan negeri kita ini.

Melalui tulisan yang sederhana ini, marilah kita pahami, marilah kita buka hati dan jiwa kita untuk memahami Pancasila, serta mengaplikasikan Pancasila dikehidupan nyata. Pahami Pancasila, supaya kesaktian Pancasila tidak luntur. Setialah pada Pancasila supaya Yang Maha Kuasa senantiasa memberi rahmat-Nya untuk negara Indonesia kita. Wujudkanlah pemahaman kita  dengan prilaku, tindakan, atapun bicara dengan santun dan menjaga tutur bahasa.

Makmurnya negeri ini, bukan hanya karena peran pemerintah saja, melainkan tugas kita semua untuk melakukan yang terbaik untuk negeri ini. Dengan kita menjaga negara kita ini tetap kondusif, maka secara otomatis kesaktian Pancasila masih membumi. Selamat memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Kesaktian Pancasila di Era Digital