Skip to main content
Berita Satuan

Pangdam-Danrem Ikuti Pawai Obor Asian Para Games 2018

Dibaca: 44 Oleh 11 Sep 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TERNATE, tniad.mil.id – Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dan Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.I.P., M.M., turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Asian Para Games 2018 sebagai penerima obor estafet dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diawali dari Kota Ternate, Maluku Utara (Malut).

Rangkaian kegiatan Haornas yang akan dilaksanakan di beberapa kota di seluruh Nusantara, khususnya pawai obor, merupakan simbol semangat Asian Para Games. Api abadi yang dibawa dari Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) kemudian diarak ke Bandara Solo dan pada Sabtu (8/9/2018) lalu tiba di Ternate dan diamankan di Kedaton Kesultanan Ternate. Selanjutnya, hari Minggu (9/9/2018) dilaksanakan prosesi awal pawai obor Asian Para Games 2018 yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi beserta Forkopimda Maluku Utara dan Kota Ternate.

Setelah dilakukan rangkaian kegiatan seremonial, api kemudian disulut ke torch/obor yang dibawa oleh atlet disabilitas asal Ternate, Rizzal Ansor, di etape pertama. Di pos pertama ini, torch/obor diterima oleh Pangdam XVI/Pattimura, yang dengan berlari kecil membawanya melewati etape kedua, diiringi oleh marching band dan dikawal pasukan Kesultanan Ternate. Obor tersebut diestafetkan hingga di etape keenam. Disinilah giliran Danrem 152/Babullah yang menerima estafet obor. Sambil meneriakkan yel-yel “Gelorakan Semangat Peduli Difabel” ia melaksanakan tugasnya hingga obor diberikan kepada Walikota Ternate, yang kemudian membawanya hingga ke garis akhir (finish) di Land Mark, Ternate.

Baca juga:  Hadirkan Sukacita Natal, Satgas Yonif Raider 100/PS Bagikan Bingkisan Kepada Warga Perbatasan RI-PNG

Kegiatan dilanjutkan di area Jalan Revolusi, Ternate, dimana telah siap panggung megah. Disitu berbagai orasi/sambutan para pejabat disampaikan, antara lain oleh Menpora, Gubernur Maluku Utara, Ketua Umum INAPGOC, dan Walikota Ternate. Acara diakhiri dengan hiburan oleh penyanyi ibu kota. Kegiatan berlanjut di malam harinya, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Kie Raha, Ternate.

Sementara itu, kepada awak media Menpora menyampaikan, kegiatan di Ternate tersebut merupakan awal dari rangkaian pawai obor keliling Nusantara. Setelah dari Ternate, api abadi akan dibawa ke Makassar, selanjutnya ke Bali, dan beberapa kota lain di Nusantara.

“Pada kesempatan ini juga saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat kota Ternate, yang dengan antusias menyambut pelaksanaan Asian Para Games ini dan akhirnya “Mari kita gelorakan semangat peduli difabel,” ujar Imam Nahrawi

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel