Skip to main content
Berita Satuan

Pangdam XVI/Ptm Bagikan 1000 Tas Multi Fungsi untuk Kurangi Sampah

Dibaca: 59 Oleh 30 Sep 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

AMBON, tniad.mil.id – Panglima Komando Daerah Miiter (Kodam) XVI/Pattimura (Ptm), Mayjen TNI Suko Pranoto membagikan 1000 tas multi fungsi kepada 1000 siswa-siswi se-Kota Ambon, dalam kegiatan Karya Bakti (Karbak) Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Lapangan Merdeka, Jl. Slamet Riyadi, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Jumat (28/9/2018).

Tujuan pembagian tas multi fungsi kepada para siswa tersebut adalah, sebagai generasi muda diharapkan mereka mampu menjadi “Pelopor Kebersihan” dengan Motto “Lingkungan Asri”, sebagaimana yang tertera di belakang tas. Dalam kegiatan itu juga dibacakan ikrar “Pelopor Kebersihan” oleh salah satu perwakilan siswa.

Tas multi fungsi itu digunakan untuk menyimpan sampah, dimana tas telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki tempat atau kantong khusus untuk menyimpan sampah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kebersihan Kota Ambon mengungkapkan, sampah bisa menjadi baik jika dikelola dengan baik, namun apabila tidak dikelola dengan baik, sampah bisa menjadi gas metan yang dapat menyebabkan kebakaran dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga:  Pelayanan KB Gratis Dan Donor Darah Kodim 0713/Brebes

Ia berharap, para siswa mampu menjadi “Pelopor-Pelopor kebersihan” di lingkungan sekitar, khususnya di lingkungan sekolah.

Pangdam dalam amanatnya mengatakan, Karbak dalam rangka HUT TNI yang bertema “Profesionalisme Untuk Rakyat” merupakan suatu bentuk kepedulian TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga sebagai ajang membangun sinergitas dan kerja sama yang baik antara TNI dan instansi pemerintah serta warga masyarakat.

Kepedulian untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, menurutnya, tentu akan membawa dampak yang positif bagi lingkungan, sehingga Kota Ambon menjadi bersih dan sehat.

“Agar tetap bersih dan sehat, perlu adanya kerja sama dan kepedulian, baik dari orang tua, pemerintah, TNI-Polri, dan instansi terkait lainnya,” ujar Pangdam.

Sampah, lanjut Pangdam, perlu diolah dengan baik. Karena ada beberapa daerah di Kota Ambon pernah terkena musibah bencana banjir atau tanah longsor, yang disebabkan oleh sampah.

Mayjen Suko berharap, dengan pembagian tas multi fungsi tersebut menjadi salah satu cara dalam mengurangi sampah.

Baca juga:  Peringati Hari Juang Kartika (HJK) Dengan Jalan Kaki

“Tas multi fungsi ini selain untuk tempat menaruh peralatan sekolah, juga berguna sebagai tempat sampah sementara bagi para siswa-siswi. Untuk itu, saya mengimbau kepada para siswa sekalian untuk melakukan aksi LISA (Lihat Sampah Angkat) dan membuangnya di tempat sampah terdekat, sebagai Pelopor Kebersihan,” ujar Pangdam.

Usai pembagian tas dan upacara pembukaan Karbak Kodam XVI/Pattimura, Pangdam beserta Wakil Gubernur Maluku, Kapolda dan Forkompimda Maluku meninjau langsung lokasi pembersihan Karbak di tiga titik, yaitu Pantai Mardika sampai kawasan Ongkoliong, sekitar Jembatan Merah Putih, dan Poka Rumah Tiga, menggunakan kapal Sea Rider Bekangdam XVI/Pattimura.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel