TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI: Taruna Akademi TNI Wajib Ketahui Sejarah Perjuangan Jenderal Soedirman

By 21 Sep 2018 18:38Puspen TNI
IMG_20180921_183521_691

YOGYAKARTA, tniad.mil.id – Taruna Akademi TNI selaku generasi penerus wajib melaksanakan kunjungan ke Museum Sasmitaloka, agar dapat mengetahui dan belajar tentang sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dihadapan awak media usai melaksanakan ziarah ke Makam Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman dan kunjungan ke Museum Sasmitaloka di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah (Jateng), Kamis (20/9/2018).

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan, bagi Taruna TNI, sebelum melaksanakan kegiatan napak tilas rute perjuangan Jenderal Soedirman, mereka wajib mengunjungi Museum Sasmitaloka agar dapat mengetahui perjuangan gerilya Panglima TKR selama 3 bulan, 28 hari di wilayah Yogyakarta dan sekitar.

“Tak hanya mempelajari rute gerilya, di dalam museum juga terdapat berbagai koleksi-koleksi yang ada pada saat pemerintah belanda, sehingga dapat menambah pengetahuan bagi Taruna TNI,” kata Panglima TNI.

Dalam kunjungan ke Museum Sasmitaloka ini, Panglima TNI beserta rombongan mendapat penjelasan dari Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat (Kadisjarahad) Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M., yang menyampaikan sejarah singkat museum.

Diceritakan Kadisjarahad, museum tersebut didirikan tahun 1890, yang awalnya digunakan sebagai rumah bendahara Kadipaten Jogjakarta dan selanjutnya digunakan sebagai rumah dinas Kalapas Wirogunan. Lalu pada tahun 1945 hingga 1948 dijadikan rumah dinas Panglima TKR, Panglima Besar Jenderal Soedirman.

“Pada tahun 1968 bangunan ini digunakan sebagai Museum Pusat TNI Angkatan Darat. Kemudian pada tahun 1982, bangunan ini diresmikan sebagai Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Soedirman, dengan statusnya okupas,i dan status bangunan ini adalah bangunan Cagar budaya tingkat nasional,” kata Brigjen Djashar.

Dalam kegiatan ini, Panglima TNI didampingi, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M., serta Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Sita Mulyono, Ketua Umum Jalasenastri Ibu Manik Siwi Sukma Adji, dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ibu Ayu Yuyu Sutisna.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI: Taruna Akademi TNI Wajib Ketahui Sejarah Perjuangan Jenderal Soedirman