TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI Ziarahi Makam Bung Karno, Soeharto, Gusdur, dan Pangsar Jenderal Soedirman

By 20 Sep 2018 10:09Puspen TNI
WhatsApp_Image_2018-09-20_at_08.56.03

BLITAR, tniad.mil.id -Panglima Tentara Nasional Indonesia (Panglima TNI) Marsekal Hadi Tjahyanto dan rombongan menziarahi Makam Presiden-1 Republik Indonesia (RI), Ir. Soekarno (Bung Karno) di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Jawa Timur (Jatim), Rabu (19/09/2018).

Dalam kegiatan ziarah yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-73 TNI Tahun 2018 tersebut, sebelum melaksanakan do’a dan tabur bunga di pusara Makam Bung Karno, diawali dengan upacara militer, sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Pertama RI, Soekarno yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI.

Selain ziarah ke Makam Presiden-1 RI, Bung Karno sejumlah makam lain yang diziarahi adalah Makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Selanjutnya Makam Presiden-2 RI, Soeharto di Astana Giribangun, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), dan Makam Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Yogyakarta, Jateng.

“TNI harus Netral. Saya bersama Bapak Kapolri sudah melaksanakan safari ke seluruh satuan-satuan TNI, entah di Kodam maupun Polda menyampaikan dengan tujuan netralitas tetap dijaga,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat diwawancara awak media.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menegaskan, apabila diketemukan anggota TNI bersikap tidak netral, dalam hal terbukti terlibat politik praktis, yang bersangkutan akan diberikan sanksi tegas.

“Sanksi disiplin tentunya akan kita lakukan. Mulai dari tidak diikutkan sekolah pendidikan, kemudian tidak ada jabatan yang strategis, dan otomatis jika tidak ikut pendidikan, akan berdampak pada kepangkatan,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, Panglima TNI didampingi para unsur pimpinan dari TNI AD, AU maupun TNI AL. Mereka berangkat dari Malang menggunakan jalur darat dan tiba di makam Bung Karno sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat tiba di Makam Bung Karno, Panglima TNI dan rombongan disambut Danrem 081/DJS Kolonel Inf Sidharta Whisnu Graha .SE, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto,SE, Bupati Blitar Rijanto, Wakil Walikota Blitar Drs Santoso. Mpd, Kapolres beserta jajaran Forpimda Kabupaten dan Kota Blitar

Setelah melaksanakan ziarah, rombongan Panglima TNI menuju Pendopo Ronggo Hadi Negoro untuk melaksanakan makan siang dan dilanjutkan Sholat Dzuhur.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI Ziarahi Makam Bung Karno, Soeharto, Gusdur, dan Pangsar Jenderal Soedirman