TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Renungan Malam Warnai Tupdik Bela Negara di Papua Barat

By 17 Sep 2018 06:01Berita Satuan
WhatsApp_Image_2018-09-16_at_19.16.02

MANOKWARI, Kegiatan Renungan Malam dan Api Unggun mewarnai penutupan pendidikan (Tupdik) Bela Negara bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari Tahun Anggaran (TA) 2018, yang telah diselenggarakan Kodam XVIII/Kasuari selama tiga hari (13-15 September 2018), bertempat di Kampus STPP, Jalan SPMA Manokwari, Papua Barat, Sabtu (15/3/2018).

Kegiatan dipimpin Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Andi M. Ali, SH dan diikuti 140 orang mahasiswa STPP Manokwari Semester V dan VII yang berjumlah 140 orang. Acara diawali dengan peniupan sangkakala yang saling bersahutan, penciuman Bendera Merah Putih oleh peserta diiringi Lagu Bagimu Negeri, pembacaan Ikrar Bela Negara, pesan untuk mahasiswa oleh pimpinan acara, dan dilanjutkan memperdengarkan beberapa lagu yang berjudul Titip Rindu Buat Ayah, Seraut Wajah, Berita Untuk Kawan, dan Untuk Kita Renungkan. Kemudian dilanjutkan pembacaan puisi yang berjudul ‘Doa Anak Pahlawan’ dan Pesan Pahlawan Nasional serta doa renungan malam.

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Bela Negara oleh seluruh peserta, bersamaan dengan penyalaan api unggun oleh Ketua STPP Manokwari dan penyerahan Sertifikat Bela Negara dari Kodam XVIII/Kasuari kepada seluruh peserta Pendidikan Bela Negara, dan diakhiri dengan acara kesenian kreatifitas mahasiswa.

Acara berlangsung sangat hikmat dan menyentuh relung hati serta jiwa para peserta, hingga banyak yang terharu sampai meneteskan air mata.

“Saya sangat terkesan dengan Pendidikan Bela Negara ini dan semoga diadakan terus tiap tahun,” kata salah satu mahasiswa peserta pendidikan, Sri Handayani, sambil menyeka air matanya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Renungan Malam Warnai Tupdik Bela Negara di Papua Barat