TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Aksi Mobil Pintar Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad di Perbatasan Papua

By 12 Oct 2018 19:15Kostrad
bra2a

KEEROM, tniad.mil.id – Guna membantu mewujudkan program pemerintah dalam memberantas buta huruf sekaligus membangkitkan semangat membaca untuk anak-anak, Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501 Kostrad, melalui kegiatan ‘Mobil Pintar’ nya secara rutin berkeliling mendatangi sekolahan-sekolahan yang ada di Kabupaten Keerom, Papua. Pada Rabu (10/10/2018), mobil pintar tersebut singgah di SD Inpres Arso VII, Jl. Arso VII, Distrik Arso, Kabupaten Keerom.

Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf Eko Antoni Chandra menjelaskan, tujuan dari kegiatan Mobil Pintar ini adalah untuk membangkitkan minat membaca anak-anak sekolah, juga sebagai sarana untuk membantu mewujudkan program Pemerintah dalam memberantas buta huruf.

bra2b

“Dengan banyak membaca, maka anak anak menjadi cerdas dan banyak pengetahuan. Apabila anak-anak cerdas, maka diharapkan, kedepan Indonesia akan menjadi negara yang mampu bersaing di dunia,” kata Eko.

Kegembiraan terpancar dari wajah murid-murid SD Inpres Arso VII, Distrik Arso, Kab. Keerom. Pasalnya mereka sudah mengetahui bahwa Mobil Pintar Satgas 501 Kostrad akan mendatangi sekolah mereka. Seperti yang telah dijanjikan oleh Kepala Sekolah SD Inpres Arso VII, Robiwaluddin, S.Pd sehari sebelumnya bahwa besok Mobil Pintar dari Satgas 501 akan datang ke sekolah.

Secara bergantian murid murid menaiki Mobil Pintar untuk mencari buku yang menjadi kegemaran mereka. Setelah mendapatkan buku yang mereka cari, murid murid langsung membentuk kelompok-kelompok untuk membaca buku yang telah mereka pilih. Tak jarang personel Satgas menguji kemampuan membaca murid-murid dengan menunjuk suatu kata/kalimat secara acak agar dibaca oleh para murid.

Bagi murid yang belum lancar membaca, personel Satgas juga ikut membimbing mereka dalam mengeja bacaan/kalimat, karena memang tujuan khusus dari kegiatan Mobil Pintar di SD Inpres Arso VII adalah untuk membantu memperlancar membaca murid Kelas II, III, dan Kelas IV.

Kepala Sekolah SD Inpres VII mengungkapkan, ia sangat senang dengan adanya Mobil Pintar Satgas 501 Kostrad. Robiwaluddin, S.Pd juga menjelaskan bahwa ini adalah kesekian kalinya Mobil Pintar Satgas mendatangi sekolahnya, dan Ia bisa merasakan perkembangan kemampuan membaca murid muridnya.

“Khusus untuk murid Kelas II, III, dan IV memang masih sangat membutuhkan bimbingan untuk memperlancar kemampuan membaca mereka,” ujarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Aksi Mobil Pintar Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad di Perbatasan Papua