TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Disbintalad akan menyelenggarakan Napak Tilas Pahlawan Nasional Bung Tomo dan Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya

By 23 Oct 2018 17:04Dinas Penerangan
WhatsApp Image 2018-10-23 at 4.56.20 PM

JAKARTA, tniad.mil.id – Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Kadisbintalad) Brigjen TNI Asep Syaripudin melakukan kunjungan silaturahmi kepada keluarga Pahlawan Nasional Bung Tomo di Gedung Joang 45, Jalan Menteng Raya 31, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018).

Pada kesempatan tersebut, Kadisbintalad yang didampingi Kasubdisbitalidjuang Kolonel Inf Ardi Kartono, S.I.P., diterima langsung oleh putera kedua Bung Tomo, HM Bambang Sulistomo, S.I.P., M.Si., (Ketua Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia).

Pada kesempatan tersebut, Kadisbintalad menyampaikan rencana kegiatan Napak Tilas Pahlawan Bung Tomo dan Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang akan digelar pada 7 dan 8 November 2018 di wilayah Kodam V/Brawijaya.

Dalam silaturahmi tersebut Kadisbintalad menyampaikan, bahwa napak tilas dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan dan menumbuhkan militansi dan patriotisme pahlawan dalam kehidupan generasi penerus bangsa khususnya prajurit TNI AD.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mengambil nilai-nilai keimanan, ketakwaan dan keikhlasan berkorban dilandasi semangat pantang menyerah,” ujar Kadisbintalad.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan peristiwa heroik para pejuang dan arek-arek Surabaya yang tidak mengenal menyerah, bahu membahu melawan tentara Sekutu dan NICA Belanda yang ingin menguasai kembali Surabaya yang memiliki nilai strategis bagi pasukan Belanda.

Seperti kita ketahui bersama dari perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, pertempuran di Surabaya yang dikenal dengan Pertempuran 10 November 1945 diabadikan sebagai Hari Pahlawan.

Pertempuran tersebut merupakan peristiwa monumental yang dapat memberikan inspirasi, semangat juang sekaligus pembelajaran bagi generasi muda TNI AD dalam taktis, strategis dan historis militer.

Pada kesempatan yang sama, putera kedua Pahlawan Nasional Bung Tomo, HM. Bambang Sulistomo menyampaikan harapan bagi generasi muda prajurit TNI untuk dapat mewarisi nilai-nilai kejuangan dan patriotisme Bung Tomo dalam berbagai tugas yang dipercayakan kepada TNI.

“Kami berharap, prajurit muda TNI dapat meneladani semangat juang Bung Tomo dan pejuang Arek-arek Surabaya dalam menunaikan tugas dan pengabdian sebagai patriot bangsa dan garda terdepan dalam membela ideologi Pancasila serta kedaulatan dan Integritas NKRI,” harapnya.

Diakhir acara silaturahmi, Kadisbintalad dan Bapak Bambang Sulistomo saling menyampaikan tali kasih berupa cenderamata.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Disbintalad akan menyelenggarakan Napak Tilas Pahlawan Nasional Bung Tomo dan Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya