TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kadispenad: Mari Kita Bergotong Royong Sukseskan TMMD 103

By 29 Oct 2018 15:09Berita Satuan
WhatsApp_Image_2018-10-29_at_14.56.16

PAMEKASAN, tniad.mil.id – Marilah kita bersama-sama bergotong-royong saling membantu untuk menyukseskan pelaksanaan TMMD Ke-103, agar hasil pelaksanaan TMMD dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Demikian ajak Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) Brigjen TNI Chandra Wijaya, dalam amanatnya selaku Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) pada pelaksanaan Wasev TMMD ke-103 Tahun Anggaran (TA) 2018 di Komando Distrik Militer (Kodim) 0826/Pamekasan, Jl. Maksum 12 Pamekasan, Madura, Senin (29/10/2018).

Kadispenad menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya ke Kodim 0826/Pamekasan adalah menjalankan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) untuk mengecek sasaran TMMD, agar pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai yang diharapkan.

Lebih lanjut Kadispenad mengungkapkan, manunggal membangun desa merupakan Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, bersama Kementerian/LPNK Pemda dan Masyarakat. sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan Pembangunan di daerah-daerah.

Program TMMD, menurutnya, dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat, dengan menggunakan proses bottom up planning system, yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral karena melibatkan semua unsur-unsur yang terkait, dimulai dari tingkat desa/ kelurahan hingga ke tingkat kabupaten/kota.

“Sasaran-sasaran yang telah terpilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, kemudian dibahas di forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD untuk selanjutnya.dilaksanakanlah program TMMD selama 30 hari. Setelah kegiatan TMMD selesai, hasilnya akan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda), sehingga hasil TMMD dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkap Brigjen Chandra.

Dalam pelaksanaannya, jelas Kadispenad Brigjen TNI Chandra Wijaya, sampai saat ini TMMD telah membangun beberapa fasilitas yang dibutuhkan masyarakat, diantaranya pembuatan jalan (23.753.097 meter), pembuatan parit/irigasi/siring (3.504.779 meter), dan jembatan (7.252 unit). Di sektor penunjang Kesejahteraan Keluarga, seperti pembuatan/rehab rumah (34.296 unit) dan pembuatan pipa air bersih (sepanjang 1.209.007 meter). Untuk sektor Fasilitas Umum/Fasilitas Sosial, seperti pembangunan sarana ibadah (8.068 unit), Gedung Sekolah (7.759 unit ), dan pemasangan jaringan listrik (15.630 lokasi).

“Masih banyak lagi pembangunan sarana fisik yang dilaksanakan pada kegiatan TMMD. Selain itu, juga ada kegiatan yang bersifat non fisik, yaitu berupa penyuluhan/sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter generasi muda dan kegiatan lainnya yang sifatnya untuk memberikan penguatan atau kekebalan bangsa,” jelasnya.

WhatsApp_Image_2018-10-29_at_14.56.16__1_

Buka Bazar Murah dan Khitanan Massal

Sebelumnya, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0826/Pamekasan Mayor Inf Imam Suyoso, yang mewakili Komandan Kodim (Dandim) atau Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD 103 Kodim 0826/Pamekasan dalam paparannya mengungkapkan tentang kegiatan TMMD 103 di wilayah Pamekasan, yang dilaksanakan di Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

“Sasaran fisik yang dikerjakan dalam TMMD 103 di Pamekasan, berupa peningkatan jalan (pengaspalan) di Dusun Bunangka Timur (2,5 M X 2.218 M) dan di Dusun Nyek Nyek (2,5 M X 1.750 M), dan peningkatan jalan (makadam) di Dusun Taleber Laok (2,5 X 1.295 M). Selain itu, pembangunan bronjong di Dusun Gunung Dajah (95 M), peningkatan jembatan di Dusun Taleber Laok 3,5 M X 7 M),” ungkap Imam.

“Di TMMD ke 103 ini kami juga mengerjakan kegiatan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 20 unit,” tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kadispenad Brigjen TNI Chandra Wijaya selaku Ketua Tim Wasev TMMD 103 tahun 2018 di wilayah Kodim 0826/Pamekasan, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Kolonel Inf Singgih Pambudi Irianto, Letkol Inf Ertoto anggota Tim Wasev, Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Nuryanto selaku Dansatgas TMMD 103 Pamekasan, Kasdim 0826/Pamekasan, Bupati Pamekasan diwakili Faizol (Kepala Bapemas Pamekasan), Muspika Pegantenan, Abdul Hadi (Kepala Desa Pasanggar), Perwira staf Kodim, dan sekitar 18 orang awak media/wartawan.

WhatsApp_Image_2018-10-29_at_14.56.17

Usai pemberian cindera mata berupa kain batik khas Pamekasan kepada Tim Wasev TMMD dari Pemkab Pamekasan, dilanjutkan dengan kunjungan Tim Wasev ke lokasi TMMD, yang diawali ke Balai Desa Pasanggar untuk melakukan tatap muka dengan warga desa yang daerahnya menjadi objek/sasaran TMMD, sekaligus Kadispenaf Brigjen TNI Chandra Wijaya membuka secara resmi pelaksanaan bazar murah dan khitanan massal di sana, yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kadispenad: Mari Kita Bergotong Royong Sukseskan TMMD 103