TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasum TNI: Keberadaan Satgas MTF Sebagai Duta Bangsa dan Diplomat TNI di Forum Internasional

By 23 Oct 2018 17:36Puspen TNI
bra3

LEBANON, tniad.mil.id – Keberadaan Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI di Lebanon merupakan bagian dari penugasan misi perdamaian PBB. Para prajurit TNI yang terlibat didalamnya patut merasa bangga, dapat menjadi bagian dari Kontingen Garuda, duta bangsa, duta TNI, dan diplomat TNI di forum Internasional.

Demikian dikatakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. pada saat mengunjungi para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas MTF TNI XXVIII-K United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) KRI Sultan Hasanuddin-366 di Port of Beirut, Lebanon, Minggu (21/10/2018).

Lebih lanjut Kasum TNI menyampaikan, saat ini hanya ada enam negara dari 193 negara anggota PBB yang dipercaya untuk dapat berkontribusi dalam Satgas MTF di bawah misi perdamaian PBB, dan Indonesia adalah salah satu dari keenam negara tersebut.

Kasum TNI juga berpesan agar kebanggaan personel Satgas MTF TNI diwujudkan dengan senantiasa menjaga nama baik pribadi, satuan, serta nama baik bangsa dan negara.

“Tunjukkan bahwa prajurit-prajurit TNI adalah prajurit-prajurit profesional, yang mampu mengemban misi pemelihara perdamaian dibawah payung PBB dengan baik,” pesan Laksamana Madya Didit.

Menurutnya, saat ini kontribusi negara Indonesia pada misi UNIFIL Lebanon merupakan Satgas terbesar, baik dalam jumlah maupun komposisinya. Hal ini merupakan bukti kepercayaan dunia internasional kepada kita TNI khususnya dan Negara Indonesia pada umumnya.

“Keberhasilan satgas MTF TNI di kancah internasional akan terwujud, jika para prajurit sekalian mampu menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara, serta kepercayaan dunia internasional, dengan menunjukkan prestasi kerja dan dedikasi yang tinggi, serta selalu memperhatikan dan melaksanakan prosedur tetap yang berlaku di area operasi,” kata Kasum TNI dalam pengarahannya.

Dalam kegiatan kunjungan kerja Kasum TNI tersebut, disambut Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 selaku Komandan Satgas (Dansatgas) MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-K/UNIFIL, Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, S.E, M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Lebanon H.E. Mr. Achmad Chozin Chumaidy, Asisten Logistik Panglima TNI Laksda TNI Dr. Ir. Bambang Nariyono, M.M., Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Marsma TNI M.Khairil Lubis, dan Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M. Bus., serta Penasehat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia (Penmil PTRI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Brigjen TNI Fulad, S.Sos, M.Si.

Selain itu juga hadir Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL, Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, Chief of Staff MTF UNIFIL Kolonel Laut (P) Wasis Priyono, Wakil Komandan Sektor Timur Kolonel Inf Iwan Sumantri, Atase Pertahanan RI di Cairo Kolonel Laut (P) Kemas M. Ikhwan Madani, dan para Komandan Satgas yang tergabung dalam Kontingen Garuda TNI UNIFIL.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasum TNI: Keberadaan Satgas MTF Sebagai Duta Bangsa dan Diplomat TNI di Forum Internasional