TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam XII/Tanjungpura Menyelenggarakan Lomba Sumpit Dalam Rangka HUT TNI ke 73

By 07 Oct 2018 18:29Berita Satuan
IMG_20181007_182651_335

KUBU RAYA, tniad.mil.id – Dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI dan melestarikan kearifan local, Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura menggelar Perlombaan Sumpit yang dilaksanakan di Sport Center Kodam XII/Tpr, Jalan arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya, Sabtu (6/10/2018).

Sumpit merupakan salah satu senjata tradisional yang sering digunakan oleh suku Dayak di kawasan Kalimantan. Oleh karenanya Kodam XII/Tpr, memandang perlu untuk turut serta dalam melestarikanya. Lomba Sumpit yang digelar Kodam XII/Tpr, diikuti oleh 168 peserta putra dan putri, yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk diketahui, selain akan mendapatkan piala dari Pangdam XII/Tpr, pemenang lomba juga akan memperebutkan piala bergilir dari Pangdam XII/Tpr. Lomba Sumpit diagendakan oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menjadi perlombaan tahunan memperingati HUT TNI.

Hasil lomba Sumpit, untuk Piala Bergilir Pangdam XII/Tpr, diraih oleh tim beregu putra dari perwakilan Kabupaten Sanggau. Sedangkan kelas perorangan, juara pertama putra diraih oleh Wahyu Imanuel dari Kota Pontianak, Heronimus berhasil di urutan kedua perwakilan dari Kota Singkawang, sementara diurutan ketiga berhasil diraih Juni dari Kabupaten Kubu Raya.

Di kelas perorangan putri keluar sebagai juara pertama diraih Nagita dari Kabupaten Bengkayang, tempati urutan kedua Lia Karolin dari Kota Singkawang dan urutan ketiga diraih Maria Fransiska dari Kabupaten Sambas.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Danlantamal XII Pontianak, Danlanud Supadio, Kasdam XII/Tpr, Para Asisten dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Ketua Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura, Ketua PIA Ardya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio, Ketua Koorcab XII Jalasenastri ikut meninjau langsung jalannya perlombaan Sumpit.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam XII/Tanjungpura Menyelenggarakan Lomba Sumpit Dalam Rangka HUT TNI ke 73