TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0501/Jakarta Pusat Wujudkan Prajurit Bebas Narkoba

By 04 Oct 2018 15:49Kodam Jaya
IMG_20181004_154506_866

JAKARTA PUSAT, tniad.mil.id – Kodim 0501/Jakarta Pusat (JS) melaksanakan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di aula Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (3/10/2018).

Sosialisasi P4GN dibuka Komandan Kodim (Dandim) 0501/Jakarta Pusat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana. Kegiatan sosialisasi ini didukung oleh tim kesehatan dari Poliklinik Kesehatan Kodim (Polkesdim) Jakarta Barat, dipimpin dr. Megah Sari bersama Polkesdim Jakarta Pusat pimpinan dr. Esti Widjiastuti.

Dalam sambutannya Dandim mengatakan, sosialisasi P4GN merupakan dukungan TNI kepada pemerintah untuk menyukseskan kampanye nasional P4GN.

“Kegiatan pemberantasan, antara lain melalui pengungkapan jaringan penyelundupan narkotika dan pengungkapan pabrik gelap narkotika. Kegiatan pencegahan antara lain melalui kampanye nasional program P4GN dan rehabilitasinya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai aparat teritorial yang berkecimpung langsung dengan masyarakat, para prajurit harus memahami bahaya narkotika agar bisa dihindari, baik pribadi maupun dengan mengajak seluruh keluarga dan masyarakat menjauhi Narkoba.

“Narkoba adalah musuh bangsa. Mari kita perangi penggunaan dan peredarannya di masyarakat,” ujar Wahyu.

Sosialisasi P4GN diisi dengan ceramah oleh dr. Yolanda, yang mengulas jenis-jenis Narkoba dan efek yang ditimbulkan secara biologis, psikis hingga efek sosial bagi penggunanya. Kemudian dilanjutkan oleh dr. Megah Sari yang menuturkan pentingnya memahami jenis dan efek Narkoba bagi anggota Kodim Jakarta Pusat, sehingga dapat menghindarinya.

“Narkoba tidak membawa manfaat, namun mendatangkan kerugian dan kerusakan mental, jiwa dan fisik anggota,” ujar dr. Megah Sari.

Usai sosialisasi, 300 anggota militer dan PNS Kodim 0501/Jakarta Pusat langsung melaksanakan tes urine dengan pengawasan anggota Provos. Pemeriksaan urine diawali oleh Dandim 0501/Jakarta Pusat.

“Semua yang hadir disini wajib tes urine sebagai bahan evaluasi saya sebagai Komandan Satuan,” ucap Dandim.

Tes urine selesai, tidak ditemukan anggota Kodim 0501/Jakarta Pusat yang terindikasi menggunakan narkotika.

“Saya bangga kepada seluruh anggota Kodim Jakarta Pusat, karena telah terbukti bebas dari Narkoba. Tingkatkan lagi kewaspadaan dan jauhi barang haram Narkoba untuk menjadi prajurit yang sehat jasmani dan rohani,” tutup Wahyu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0501/Jakarta Pusat Wujudkan Prajurit Bebas Narkoba