TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 0824/14 Panti Bersama Masyarakat Bersihkan Sungai

By 14 Oct 2018 05:12Kodam V/Brawijaya
bra1

JEMBER, tniad.mil.id – Sungai di sini kondisknya mengalami pendangkalan dan terdapat banyak sampah dedaunan kering sehingga aliran airnya kurang optimal untuk kebutuhan irigasi sawah sekaligus berpengaruh pada sumber air sumur warga, yang juga ikut berkurang.

Demikian diungkapkan Kepala Desa (Kepdes) Suici, M. Salim kepada Komandan Koramil (Danramil) 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno beberapa waktu lalu.

Menindaklanjuti laporan dan keluhan perangkat desa tersebut, maka didorong motivasi semata-mata untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, tidak butuh waktu lama, Danramil lalu memutuskan untuk mengadakan Karya Bakti (Karbak) berupa kegiatan pembersihan sungai yang ada di desa itu.

Pada Jumat (12/10/2018) pagi itulah, dengan melibatkan 11 orang anggotanya, Danramil mengajak peronel Polri dari Polsek Panti (4 orang), perangkat desa (2 orang), dan warga masyarakat (33 orang) untuk bergotong-royong menggarap sungai yang berada di Dusun Plindu, Ds Suici, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember tersebut.

“Wilayah Koramil Panti terutama Desa Suici ini merupakan bagian dari daerah ketinggian yang pada musim kemarau seperti sekarang ini mengalami kesulitan air, baik untuk rumah tangga maupun irigasi. Oleh sebab itu, kita tergerak untuk melakukan berbagai upaya, termasuk pembersihan aliran air sungai ini tadi,” ujar Suparno.

Di tempat terpisah, Komandan Kodim (Dandim) 0824/Jember, Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi upaya yang diilakukan anggotanya berupa Karbak TNI dalam rangka membantu mengatasi kesulitan warga masyarakat. Hal itu, menurutnya sebagai bagian dari program yang harus selalu dilakukan oleh Koramil jajarannya, utamanya membantu kesulitan masyarakat terhadap kebutuhan air.

“Wilayah Kabupaten Jember di bagian sisi utara, dari timur ke barat, memang merupakan daerah dataran tinggi dan lereng gunung, sehingga pada setiap musim kemarau seperti sekarng ini kendala yang dialami memang rata-rata krisis air bersih maupun air irigasi yang hanya mengandalkan sumber air. Sehingga perlu berbagai upaya dari semua pihak, termasuk melaksanakan Karbak TNI, membersihkan aliran air sungai seperti yang dilakukan oleh Koramil 0824/14 Panti tersebut,” ujar Arif.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 0824/14 Panti Bersama Masyarakat Bersihkan Sungai