TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Manfaat Susu Kambing Plus Gula Aren

By 08 Oct 2018 07:42Tips Kesehatan
hadi

Bismillah, Selama ini orang beranggapan susu sapi yang paling enak karena memiliki kandungan gizi yang cukup banyak buat tubuh kita, Tetapi tahukah anda, ada susu yang tak kalah hebatnya dibandingkan dengan susu sapi.

Tepat sekali Susu Kambing namanya. Mengapa demikian 3 tanda tanya sebab susu kambing termasuk ke dalam jenis susu atau minuman terbaik di dunia setelah ASI karena di dalam susu kambing memiliki kandungan gizi yang banyak serta memiliki manfaat untuk kesehatan manusia.

Selain itu, susu kambing terutama jenis Susu Kambing Etawa mengandung beberapa sumber gizi dan nutrisi yang kaya akan lemak baik, protein, enzim, mineral dan vitamin. Dan patut diketahui susu kambing memiliki risiko alergi yang sedikit lebih rendah dibanding susu sapi. Karena apa ternyata di dalam susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa kasein alpha 1 yang merupakan salah satu penyebab alergi.

Beberapa  Alasan kita harus konsumsi susu kambing dan gula aren:

  1. Tanpa Pemanis buatan
  1. Tanpa pengawet
  1. Memakai pakan organik.

Dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu kambing, bersama-sama perlu kita ketahui beberapa manfaat susu kambing, di antaranya:

Sebagai Sumber Kalsium yang Melimpah, Sama hal dengan susu sapi, susu kambing tak kalah kaya akan kalsium dan fosfor yang bermanfaat bagi pembentukan tulang dan gigi bagi balita, serta dapat mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan pengapuran tulang yang umumnya diderita oleh orang tua dan lansia.

Sebagai Antioksidan yang Baik, Susu kambing juga mengandung zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan dan untuk mencegah penyakit saraf.

Mengobati Anemia, Sebagai asupan nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi tubuh konsumsi susu kambing secara rutin dapat memperbaiki kondisi anemia defisiensi zat besi. Ini karena susu kambing dapat meningkatkan penggunaan zat besi oleh tubuh serta merangsang pembaruan hemoglobin.

Sebagai Probiotik, Kandungan Oligosaccharides dari susu kambing berperan sebagai probiotik di tubuh. Senyawa ini mampu membersihkan usus besar dari jamur dan bakteri penyakit yang dihasilkan sisa makanan.

Lebih Mudah Diserap Tubuh, Keuntungan lainnya ialah susu kambing bisa sedikit lebih baik bagi mereka dengan intoleransi terhadap laktosa. Ini karena susu kambing mengandung proporsi laktosa sedikit lebih rendah daripada susu sapi, sehingga lebih mudah diserap. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Ini bisa menguntungkan bayi yang sering gumoh atau memiliki gangguan pencernaan seperti refluks.

Mengandung Asam Lemak Baik Bagi Kesehatan Jantung, Susu kambing mengandung asam lemak esensial seperti linolea, arakidonat, kalium (Potassium) sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, dengan baiknya kesehatan jantung serta lancarnya peredaran darah dalam tubuh diharapkan juga terhindar dari penyakit stroke.

Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Ingat Otak, Kaya akan Riboflavin (Vit B2) dan B3, bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem syaraf. Susu Kambing Etawa sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak dalam kandungan.

Cara mengonsumsi:

Tuangkan 2 sendok makan susu kambing  ke dalam 1 gelas (300 cc) air panas dan diminum selagi hangat. Minum susu kambing minimal  2 gelas sehari.

Salam sehat

Kejujuran
Next Post

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Manfaat Susu Kambing Plus Gula Aren