TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mobil Pintar Satgas Kostrad, Tingkatkan Daya Literasi dan Daya Saing Generasi Muda di Perbatasan RI-PNG

By 15 Oct 2018 Berita Satuan
WhatsApp_Image_2018-10-15_at_12.03.07

DISTRIK ARSO, tniad.mil.id – Turut serta membantu mewujudkan program Pemerintah dalam memberantas buta aksara, sekaligus membangkitkan semangat membaca anak-anak di wilayah pedalaman Papua, Satgas Yonif Para Raider 501/Kostrad melalui kegiatan Mobil Pintar secara rutin berkeliling mendatangi sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Keerom. Mobil Pintar Satgas Yonif Para Raider 501/Kostrad satu-persatu dengan setia menyambangi sekolah yang ada di sekitar wilayah penugasan mereka, salah satunya ke SD Inpres Arso VII, Jalan Arso VII, Distrik Arso, Senin (15/10/2018).

Dansatgas Yonif Para Raider 501/Kostrad Letkol Inf Eko Antoni Chandra mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan minat membaca untuk anak anak, sekaligus sebagai sarana membantu mewujudkan program Pemerintah dalam memberantas buta aksara dan tingkatkan daya literasi masyarakat.

“Dengan banyak membaca, maka daya literasi mereka pun meningkat sekaligus menjadikan anak-anak menjadi cerdas dan banyak pengetahuan. Diharapkan, dengan berbekal pengetahuan yang diperolehnya, akan meningkatkan kualitas SDM putra-putri Papua dalam rangka mendukung terwujudnya generasi muda Indonesia yang berdaya saing global,”ujarnya.

Menurut Dansatgas, selain dari sekolah, peran para orang tua juga sangat penting agar anak-anaknya bisa lancar dalam membaca. “Waktu untuk belajar di sekolah hanya beberapa jam saja, selebihnya mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah bersama orang tuanya,”tegasnya.

“Kehadiran Mobil Pintar ini bisa menjadi solusi sekaligus memotivasi anak-anak di pedalaman Papua untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menimba ilmu,”pesan alumni Akmil 2001 ini.

Lebih lanjut disampaikan, secara bergantian murid-murid menaiki Mobil Pintar untuk mencari buku yang menjadi kegemaran mereka. Setelah mendapatkan buku yang dicari, murid-murid langsung membentuk kelompok untuk membaca buku yang telah mereka pilih.

“Tak jarang personel Satgas menguji kemampuan membaca murid-murid dengan menunjuk suatu kata/kalimat secara acak agar dibaca oleh para murid. Selain untuk anak-anak sekolah, Mobil Pintar ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,”ujar Eko.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SD Inpres VII Robiwaluddin, S.P., dirinya sangat senang dengan adanya Mobil Pintar Satgas 501, tidak hanya karena dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak sekolah, namun juga menjadi sarana rekreasi serta berkomunikasi antar anak dan guru sekolah dengan anggota Satgas.

“Ini adalah kesekian kalinya Mobil Pintar Satgas mendatangi SD Inpres VII dan kehadirannya sangat penting kami rasakan,”ucapnya.

“Bagi murid yang belum lancar membaca, personel Satgas juga ikut membimbing mereka dalam mengeja kalimat. Kami sangat mengapresiasi program ini dan berharap kehadirannya dapat membawa perubahan cara belajar anak-anak, bukan saja di sekolah ini, tetapi bagi anak-anak di sekolah lainnya serta masyarakat sekitar,”pungkas Kepala Sekolah.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mobil Pintar Satgas Kostrad, Tingkatkan Daya Literasi dan Daya Saing Generasi Muda di Perbatasan RI-PNG