TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Semarakkan HUT ke-73 TNI, Kodam Cenderawasih Gelar Pameran Alutsista

By 05 Oct 2018 21:12Dinas Penerangan
IMG-20181005-WA0038

KAYAPURA, tniad.mil.id – Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-73 TNI, Kodam XVII/Cenderawasih menyelenggarakan pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), di Jayapura, Papua, Jumat (5/10/2018). Pameran yang berlangsung dari tanggal 5-7 Oktober 2018 ini dibuka Danrem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf J. Binsar P. Sianipar.

Masyarakat Jayapura pun sejak pagi terlihat sangat antusias untuk melihat langsung secara dekat berbagai jenis Alut Sista yang digelar dalam Pameran.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danrem, Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI George.E. Supit mengatakan bahwa Pameran Alutsista dalam rangka HUT ke-73 TNI tahun 2018 yang digelar di halaman kantor Gubernur bertujuan tidak hanya untuk mengenalkan kepada masyarakat Papua tentang persenjataan maupun perlengkapan lainnya yang dimiliki oleh TNI, namun juga sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Kita harus sadar betul, bahwa Alutsista ini dibeli dengan menggunakan anggaran negara yang berasal dari pajak rakyat. Oleh karennya, amanah ini harus kita jaga dan dipertanggungjawaban secara baik dan digunakan dengan professional,” ujarnya.

Pangdam juga menyampaikan, dengan adanya pameran ini maka masyarakat dapat melihat dari dekat berbagai jenis Alutsista yang dimiliki TNI, sekaligus juga dapat menambah wawasan dan semakin terbentuknya akses informasi dalam mengenal perkembangan Alutsista maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan TNI saat ini.

“Di momen spesial ini, kita ingin masyarakat semakin mengerti, mencintai dan memberikan pandangan maupun pemikiran yang positif kepada TNI, agar tetap kuat dan handal serta selalu dicintai rakyat, didalam mengawal keutuhan dan kedaulatan nusa dan bangsa tercinta,”jelasnya.

“Pameran Alutsista ini diikuti oleh seluruh satuan jajaran Kodam XVII/Cen yang berada di Jayapura, Lantamal X Jayapura, serta Lanud Silas Papare Jayapura yang secara keseluruhan terbagi dalam 18 Stand,” tegas mantan Asops Kasad ini.

Pangdam juga mewajibkan setiap satuan membuka stand di tempat pameran untuk menampilkan dan mengenalkan kepada masyarakat tentang peralatan perlengkapan perorangan dan persenjataan, serta kendaraan dinas yang digunakan oleh TNI, bahkan mempersilakan jika ada diantara mereka yang ingin mengenal secara dekat.

“Namun demikian, karena Alutsista ini termasuk dalam alat yang berbahaya maka mereka harus didampingi dan tetap perhatikan aspek keamanan,”himbaunya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Mayjen TNI George.E.Supit mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Gubernur Provinsi Papua beserta jajarannya yang telah menyediakan tempat pameran ini, termasuk kepada panitia, peserta pameran dan komponen masyarakat yang telah memberikan kontribusi positif, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama.

“Mari kita kuatkan persatuan dan kebersamaan dalam memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, karena kehadiran kita untuk membangun bumi Cenderawasih ini semakin makmur dan tenteram,”pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Semarakkan HUT ke-73 TNI, Kodam Cenderawasih Gelar Pameran Alutsista