Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Kasdam IM Tutup TMMD ke-103 Kodim 0106/Aceh Tengah

Dibaca: 124 Oleh 14 Nov 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

BENER MERIAH, tniad.mil.id – Kepala Staf Kodam (Kasdam) Iskandar Muda (IM) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Achmad Daniel Chardin, S.E. secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 TA. 2018, Kodim 0106/Aceh Tengah (Ateng), bertempat di lapangan sepak bola Kampung Blang Jorong, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah BM), Aceh, Selasa (13/11/2018).

Komandan Satgas (Dansatgas)TMMD 103 Kodim 0106/Ateng, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Hendry Widodo dalam laporannya menyampaikan, secara keseluruhan sasaran fisik dan non fisik telah 100% dilaksanakan sesuai target, seperti pembukaan jalan sepanjang 5.500 X 6 meter, pemasangan gorong-gorong di dua titik, pembuatan jembatan satu titik, penataan tanggul danau sepanjang 135 meter, normalisasi tebing sungai 2.390 meter, tambahan pembuatan satu unit, pengobatan massal, penyuluhan pertanian, kesehatan, hukum, wawasan kebangsaan, dan penyuluhan Narkoba.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam IM menyampaikan, selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD Ke-103 secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 lalu, para prajurit TNI, anggota Polri, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non fisik, yang mencakup 50 Desa sasaran di 50 Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Panglima TNI Beri Bantuan Pembuatan Kubah Masjid

“Di setiap kegiatan TMMD ini kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah, sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan, hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi, misi, dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat,” kata Kasad.

Menurutnya, semangat kebersamaan seperti itulah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI-Rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa, yang akan terus dibangun dan dipelihara.

“Hal ini juga merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat, sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh,” sambung Kasad Jenderal Mulyono.

Oleh karena itu, lanjutnya, selaku PJO TMMD, Kasad menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, instansi kementerian terkait, dan khususnya kepada seluruh masyarakat, yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-103 tersebut.

Baca juga:  Kasdam IM Pimpin Upacara Penutupan Operasi Teritorial TNI TA. 2023 di Kodim 0102/Pidie

“Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini, saya ingin berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat untuk selalu pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat. Tingkatkan semangat bekerja, membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong. Peliharalah hasil-hasil program TMMD ini dengan sebaik baiknya. Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan untuk mau belajar memajukan desa,” pesan Kasad.

Didalam amanatnya, Kasad juga memohon maaf sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD, terdapat perilaku atau tutur kata prajuritnya yang kurang berkenan di hati masyarakat.

Sedangkan kepada para personel Satgas TMMD, dipesankan agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan, sekaligus menjadikan kegiatan TMMD tersebut sebagai pelajaran dan pengalaman.

“Jadikanlah hal ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat, karena TNI AD lahir dari rakyat dan mengabdi untuk takyat,” pesan Kasad, Jenderal TNI Mulyono.

Baca juga:  Bersama Masyarakat Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersihkan Sumber Air

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Irdam IM Kolonel Czi Firman Dahlan, Asren Kodam IM Kolonel Arm Dedi Prihatmojo.S.Sos, Asters Kodam IM Kolonel Inf Mahesa Fitriady, Danrem 011/LW Kolonel Inf Purmanto, para Dandim jajaran Korem 011/LW, Danyonif R 114/SM Letkol Inf Valyan Tatyunis, Kapolres Bener Meriah (BM) AKBP Fahmi Irwan Ramli, SH,SIK,
Wakapolres Ateng Kompol Chairul Ikhsan. SIK, serta para pejabat dari DPRK BM, Pemkab BM dan Ateng, para Danramil dan Perwira staf Kodim 0106/Ateng, Camat, ibu-ibu Persit KCK Cabang XXII Kodim Ateng, dan warga masyarakat.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel