TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam XVI/Pattimura Buka Pesta Para Pahlawan di Provinsi Maluku

bra4

AMBON, tniad.mil.id – Peristiwa/kegiatan berskala nasional bertajuk “Pesta Para Pahlawan”, yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018, resmi dibuka, pada Sabtu (10/11/2018). Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P dan Komandan Upacara Letkol Inf Edwin Charles (Perwira Sterdam XVI/Pattimura).

Kegiatan yang diselenggarakan untuk membangun patriotisme dan nasionalisme generasi muda di Provinsi Maluku tersebut, terselenggara berkat kerjasama antara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dan Yayasan Pelangi Ministry Indonesia.

‘Pesta Para Pahlawan’ ini dihadiri sekitar 7.000 orang, yang terdiri dari para pelajar dan siswa SD, SMP, dan SMA, para guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat, dengan mengambil tempat acara di lapangan Lapangan Merdeka, Kota Ambon. Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di 17 Kota pada 15 Kodam di seluruh Indonesia.

Acara tersebut bertujuan untuk membangkitkan jiwa dan karakter kepahlawanan kepada generasi muda, mengajak generasi muda untuk lebih mencintai bangsa, mengajak untuk melawan lima musuh bangsa saat ini (Narkoba, seks bebas, terorisme, korupsi dan radikalisme), sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu di dalam perbedaaan.

Acara dimeriahkan pawai, lomba yel-yel kepahlawanan, lomba tari kolosal, lomba parade tingkat, lomba marching band, game anak-anak dan lomba kebersihan lingkungan sekolah mulai tingkat SD, SMP, dan SMA se Kota Ambon. Selain itu, juga ditampilkan acara lintas budaya dan kearifan lokal, servis motor (Honda) gratis, serta berbagai kegiatan sosial seperti bazar murah, pengobatan gratis, stand makan gratis dan cukur gratis. Pihak panitia juga menyediakan berbagai hadiah door prize, mulai dari tv, kulkas, hingga sepeda motor.

Pangdam XVI/Pattimura dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan, peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi momen yang penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Disamping itu juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan, dan meningkatkan kecintaan kepada tanah air, guna membangun karakter generasi muda yang tangguh.

“Kapitan Pattimura saat perjuangan melawan penjajah berkata, Pattimura Tua akan mati, tetapi akan bangkit lagi Pattimura-Pattimura muda untuk meneruskan perjuangan ini. Semangat kepahlawanan Kapitan Pattimura tersebutlah yang patut ditiru oleh kita, khususnya generasi muda sekarang ini,” kata Pangdam dalam amanatnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam XVI/Pattimura Buka Pesta Para Pahlawan di Provinsi Maluku